Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana mengontrol Metabolisme?

Mengapa ada orang yang sedikit makan namun cepat gemuk dan sebagian orang makan banyak namun tetap ramping? jawaban singkatnya adalah bergantung pada pola metabolisme yang anda miliki tau tergantung mesin tubuh anda.

Apa itu metabolisme?
Metabolisme Anda tidak hanya membuat teman Anda yang menyombongkan tubuh tetap ramping, ini adalah proses konstan yang digunakan tubuh Anda untuk menjaga semuanya berfungsi. Metabolisme Anda selalu berjalan, bahkan ketika Anda sedang tidur.

"Metabolisme Anda adalah jenis mesin yang membuat tubuh Anda terus berjalan," kata Newhouse. "Ini adalah dorongan yang memungkinkan tubuh Anda memanfaatkan makanan dan nutrisi yang Anda masukkan ke dalamnya."

Beberapa orang memang memiliki metabolisme yang lebih cepat daripada yang lain, dan itu adalah pekerjaan genetika dan gaya hidup seseorang. Meskipun tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang genetika Anda, ada beberapa cara untuk memengaruhi sisi gaya hidup dan memberi dorongan metabolisme agar tetap berjalan pada gigi tinggi.

Bagaimana meningkatkan kerja metabolisme?
Karena laju dasar metabolisme ditentukan oleh genetika, tidak ada cara cepat untuk meningkatkannya; itu tidak dapat diubah tanpa membuat beberapa perubahan gaya hidup jangka panjang.

"Kita dapat memanipulasi metabolisme kita sampai tingkat tertentu," kata Newhouse. "Ini seperti api unggun: sama seperti kita perlu memberi pelubang api dan potongan kayu agar tidak melambat dan terbakar, kita juga perlu menambah metabolisme kita."

Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme Anda, maka ada beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan sepanjang hari. Berolahraga, menghidrasi, dan makan dengan benar dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi ada juga kebiasaan khusus yang dapat Anda kembangkan untuk meningkatkannya.

"Mengkonsumsi sayuran berdaun Anda dan berolahraga pasti dapat membantu metabolisme Anda," kata Newhouse. "Otot membakar lebih banyak energi daripada lemak, jadi mengangkat beban atau apa pun yang membangun otot - bersama dengan makan dengan benar - dapat memainkan peran besar dalam bagaimana tubuh kita memproses nutrisi."

Selain melakukan lebih banyak latihan pembentukan otot dan makan lebih baik, kebiasaan penting lainnya untuk mempercepat metabolisme Anda tidak mengabaikan makanan terpenting hari ini: sarapan.

"Orang-orang cenderung mengabaikan betapa pentingnya sarapan," kata Newhouse. "Kita pergi sepanjang malam tanpa makanan, dan tubuh kita dapat mendekati keadaan puasa, sebuah episode di mana tubuh kita akan menahan kalori, jika kita menunggu terlalu lama untuk makan setelah bangun tidur."

Apa yang bisa memperlambat metabolisme Anda?
Mempercepat laju metabolisme jauh lebih sulit daripada membuat lambat metabolisme. Ada banyak kebiasaan yang mudah yang membuat metabolisme Anda berjalan lebih lambat. Salah satunya diwaktu malam tanpa melakukan aktivitas dan cukup lelapkan mata anda.

Kurang tidur adalah salah satu epidemi terbesar di masyarakat Amerika, dengan lebih dari sepertiga orang dewasa mendapatkan kurang dari tujuh hingga delapan jam tidur yang direkomendasikan setiap malam. Tidur tidak hanya penting untuk metabolisme Anda, tetapi kurang tidur juga dapat menyebabkan kondisi jangka panjang seperti penyakit jantung dan diabetes.

"Tidur adalah salah satu faktor terbesar yang tampaknya dilupakan orang," kata Newhouse. "Bahkan jika seseorang makan dengan baik dan berolahraga, jika mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka metabolisme mereka tidak akan berjalan seefisien."

Walaupun camilan sering memiliki reputasi buruk karena tidak sehat, camilan sangat penting untuk menjaga Anda tetap sehat dan menyehatkan tubuh Anda sepanjang hari. Makanan ringan harus mengandung protein, serat dan karbohidrat dan tidak boleh mengandung terlalu banyak garam atau natrium.

"Makan camilan tidak akan memperlambat metabolisme Anda jika Anda makan makanan yang tepat," kata Newhouse. "Makanan ringan yang sehat - seperti kacang-kacangan, buah-buahan atau sayuran - memiliki nutrisi untuk memperlambat laju pencernaan, membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan membuat tubuh Anda bekerja untuk memproses nutrisi."

Stres juga secara tidak langsung dapat menyebabkan masalah dengan metabolisme Anda. Orang dengan kortisol dalam jumlah tinggi, hormon stres, cenderung kelebihan berat badan, dan kelebihan berat badan dapat memperlambat metabolisme Anda. Menurunkan kadar kortisol Anda dapat memulai reaksi berantai yang dapat membantu metabolisme Anda berjalan lebih efisien.

Apa yang dilakukan metabolisme Anda dari waktu ke waktu?
Percaya atau tidak, metabolisme - seperti halnya tubuh kita - mengalami proses penuaan. Saat metabolisme Anda melambat, pilihan diet dan olahraga yang berkelanjutan menjadi lebih penting.

Walaupun penyebabnya tidak jelas, wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami metabolisme yang lebih lambat dan akan lebih sulit untuk tetap pada berat badan yang sehat, yang menjadikan diet dan olahraga penting untuk penuaan yang sehat.

"Tidak ada yang berubah dalam semalam," kata Newhouse. "Ini masalah membuat pilihan kecil yang dapat ditambahkan untuk mencoba dan meniadakan efek yang secara alami memperlambat metabolisme Anda."

Jika Anda khawatir tentang bagaimana metabolisme Anda mempengaruhi gaya hidup Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau duduk dengan ahli gizi terdaftar untuk mengatur rencana untuk kehidupan sehari-hari yang lebih sehat.

Sumber:
Texas A&M University

Post a Comment for "Bagaimana mengontrol Metabolisme?"