Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Definisi dari Waktu, Bagaimana dan Sejak Kapan Waktu Terbentuk?

Jika pertanyaan ini ditujukkan kepada anda dan anda diminta beropini dalam waktu singkat, apa jawaan anda? mula-mula kita mungkin akan mendifiniskannya tanpa ingin disalahkan seperti waktu adalah ukuran masa, waktu adalah ukuran yang tediri dari 24 jam sehari-semalam, waktu adalah ukuran yang terus berputar, waktu adalah batasan malam dan siang, waktu adalah detik dan lain-lain sebagainya. sekarang cobalah pikirkan lebih mendalam dan mungkin anda akan mulai bingung jika apa yang kita definiskan tersebut tidak memberi jawaban kapan waktu itu dimulai, bagiamana waktu tersebut dibuat dan sebaainya.
Satu jam terdiri dari sejumlah menit, satu hari, dan satu tahun. Tetapi kita jarang berpikir tentang sifat dasar waktu. Waktu berlalu tanpa henti, dan kita hanya mengikutinya dengan jam dan kalender. Namun kita tidak dapat mempelajarinya dengan mikroskop atau bereksperimen dengannya. Dan itu masih terus berlalu. Kita tidak bisa mengatakan apa yang sebenarnya terjadi ketika waktu berlalu.
Sederhananya Waktu direpresentasikan melalui perubahan, seperti gerakan melingkar bulan di sekitar Bumi. Sehingga berlalunya waktu memang terkait erat dengan konsep ruang.

Menurut teori relativitas umum, ruang,  alam semesta, muncul dalam Big Bang sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Sebelum itu, semua materi dikemas menjadi titik yang sangat kecil. Titik itu juga berisi materi yang kemudian datang menjadi matahari, bumi dan bulan - benda-benda langit yang memberi tahu kita tentang berlalunya waktu, dengan kata lain Sebelum Big Bang, tidak ada ruang atau waktu.

"Dalam teori relativitas, konsep waktu dimulai dengan Big Bang dengan cara yang sama seperti persamaan lintang dimulai di Kutub Utara. Anda tidak bisa pergi lebih jauh ke utara daripada Kutub Utara," kata Kari Enqvist, Profesor Kosmologi.
Salah satu kualitas waktu yang paling aneh adalah kenyataan bahwa ia diukur dengan gerak dan juga menjadi jelas melalui gerak.
Menurut teori relativitas umum, pengembangan ruang dapat mengakibatkan jatuhnya alam semesta. Semua materi akan menyusut menjadi titik kecil lagi, yang akan mengakhiri konsep waktu seperti yang kita ketahui.

Point Pentingnya adalah waktu terbentuk sejak ruang yang diketahui keberadaanya terbentuk (sainspedia team)

Source: University of Helsinki

Post a Comment for "Apa Definisi dari Waktu, Bagaimana dan Sejak Kapan Waktu Terbentuk?"