Wednesday, October 2, 2019

Jejak Digital: 5 Kelompok Kaum Millenial Terbentuk Berdasarkan Hobi dan Karakter

Sainspedia team menganalisa kecendrungan para millenial membagi diri  menjadi 5 kelompok berdasarkan hobi dan karakter. Kelompok Hobi umumnya mereka lebih kreatif, dengan kecendrungan minat mereka untuk mengembangkan potensi dalam dirinya. Kelompok ini menyebut diri mereka sebagai Wibu dan Memers.


Sedangkan kelompok lainnya adalah eksistensi yang menggambarkan karakter dari kesukaan, gaya bahasa, dan kondisi emosional. Kelompok ini diisi oleh mereka yang menyebut diri mereka sebagai shitpost, Wibu dan K-popers.

Pengertian Wibu, Memers, Shitpost, Bucin dan K-popers
1. Wibu
     Adalah satu kelompok yang memiliki ketertarikan pada budaya jepang. Sehingga mereka memuat gaya kehidupannya ala jejepangan. Beberapa diantaranya, adalah
Pecinta anime. Anime menjadi satu gendre perfileman baru asal jepang yang disukai banyak orang khususnya generasi muda, bukan hanya di Indonesia tapi hampir disemua negara.

Grup facebook Wibu

Pendapat mereka pada golongan wibu ini adalah karakter yang berasal dari non manusia ini membuatnya lebih penasaran, bentuk tubuhnya, suaranya sehingga tidak sedikit mereka bergaya ala karakter anime idolanya. Kelompok-kelompok ini bukan hanya antar media dan eletronika dalan layar, bahkan di beberapa negara cosplay karakter anime rutin dilakukan.

Cosplayer

Anime jepang sudah masuk di Indonesia sudah dari awal digitalis, mungkin Doraemon, sihincan mengawali digenerasi 90an. Tapi yang membuatnya booming dimulai dari serial Naruto. 

Ada banyak kreativitas yang lahir dari kelompok ini, mereka menyatukan kecintaan dengan hobinya sehingga tidak sedikit mereka menjadi seorang seniman animasi, yang sekarang memiliki nilai jual yang mahal selain itu Mereka belajar bahasa jepang dan bahkan banyak usaha menjual pakaian cosplay.

2. Memers
    Ini adalah kelompok meme, mereka orang- orang yang membuat meme guyonan dalam bentuk gambar, video dan lain-lain untuk tujuan hiburan. Mereka bahkan sering menjadikan moment-moment tertentu dari sebuah adegan menjadi glagak tawa. Saat ini Meme memuncaki rangking tertinggi yang viral diantara ke 5 golongan ini.
Grup meme Facebook

Dari memelah pola pikir banyak orang menjadi berubah, bahkan sentimen-sentimen adat ras agama menjadi blurr dari meme. Dimedia sosial pegiat meme berkeliaran dimana-mana, fanspage memecomicindonesia bahkan memiliki pengikut lebih dari 5 juta.
Grup meme bercentang biru diikut 6 juta 

Meme tidak terbatas tujuannya, bahkan yang sekarang meme bisa turun lapangan menjadi demonstran menyuarakan keadilan. 

3. Shitpost
Shitpost adalah turunan dari meme, akan tetapi pada golongan ini orang-orang mentolerir segala hal tanpa batasan adat, budaya, ras, bedword dll. Dengan bahasa lain kelompok toxic yang biasanya menggunakan hal-hal nyeleneh sebagai hiburan.
Beberapa group facebook shitpost

Dikelompok ini bahkan kadang tidak mentolerir individu berlaku bijak, dan dianggap sebagai golongan normes, introvert, kolot, ketinggalan zaman dan lain-lain.

4. Bucin 
     Orang memanggilanya Bucin (Budak Cinta) golongan yang selalu menceritakan kondisi hati mereka tethadap hubungannya, kisah asmara atau pencarian jodoh secara terbuka disosial media. 
Beberapa group facebook Bucin

Para Bucin ini pelakunya dari anak SD hingga orang-orang tua yang memiliki waktu senggang sendirian dirumah, menceritakan kondisi rumah tangganya atau menginginkan sosok seorang yang akan menghubunginya segera.
Bucin dari grup facebook

Kelompok bucin ini bisa berasal dari semua jenis orang, dari yang biasa-biasa saja sampai yang religius sekali. 

5. K.popers
    Ini adalah pegiat pencinta manusa korea "opah-opah" seperti itulah mereka menyebutnya, jika kelompok bucin banyak diisi laki perempuan k-poper 80% adalah kaum wanita. Secara tidak langsung mereka menampakkan sisi sifat kewanitaan yang mengharapkan lelaki sempurna, tampan, putih dan kaya. 
Beberapa Group Facebook para kpoper

Gaya-gaya korea telah banyak masuk menjadi inspirasi kaum hawa berpenanampialan, dengan wajah teros dengan hidung kecil mereka sangat menyukainya. Era ini mungkin dimukai dari tenarnya boyband asal korea selatan yaitu super jonior. Dan kini drama-drama korea memasuki persaingan ketat. 

Nah kira-kira dimanakah anda berada? 

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun