Friday, October 25, 2019

Fakta dan Mitos Arang Aktif Baik bagi Kesehatan

Pembuatan arang aktif:
Arang aktif dibuat dari bahan yang kaya akan karbon yang dibakar pada suhu tinggi,  Misalnya seperti; kayu, tempurung kelapa atau batu bara yang dibakar pada suhu tinggi (antara 600 dan 900 derajat Celcius atau 1.110 dan 1.650 derajat Fahrenheit) sampai menjadi bubuk arang. Bubuk arang biasanya hangus bersama beberapa bahan tambahan seperti garam klorida untuk membantu menciptakan struktur berpori, menurut buku David O. Cooney "Activated Charcoal: Antidote, Remedy and Health Aid" (TEACH Services, Inc., 2016).


Bahan berlebih kemudian dicuci dengan larutan asam encer untuk meninggalkan karbon murni. Arang selanjutnya dapat diolah untuk membuat jaringan pori yang lebih halus dan untuk menambah luas permukaan arangbaktif dipaparkan ke gas pengoksidasi, seperti uap atau karbon dioksida.

Manfaat arang aktif bagi kesehatan, yaitu:
Arang aktif dapat menjadi perawatan darurat yang efektif bagi orang-orang yang telah keracunan atau overdosis pada obat-obatan.

Apa gunanya arang aktif? Para profesional kesehatan memberikan arang aktif kepada pasien yang overdosis dengan obat-obatan tertentu atau telah diracuni, menurut Poison Control. Serbuk halus sering dicampur dengan air atau cairan lain dan diminum oleh pasien atau diberikan melalui selang makanan untuk membersihkan saluran pencernaan sebagai alternatif untuk memompa arang aktif ke lambung sehingga toksin (zat racun) diserap dari dalam tubuh. Ini bekerja paling baik dengan racun yang mengandung partikel organik (yang merupakan senyawa yang mengandung karbon dan biasanya terikat dengan oksigen, hidrogen, atau nitrogen). Tergantung pada jenis overdosis atau toksin, satu dosis arang aktif dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif jika diberikan dengan cukup cepat.

Sebagian besar arang aktif yang tersedia di konter tidak "diaktifkan" seperti apa yang akan diberikan di ruang gawat darurat, dan mungkin bukan solusi terbaik untuk penyakit Anda. Ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa arang aktif efektif untuk hal-hal seperti kolesterol tinggi, diare atau sembelit, gas atau gangguan pencernaan, atau mencegah arang (arang aktif tidak mengikat dengan alkohol) atau mempromosikan penyembuhan luka, menurut US National. Perpustakaan Kedokteran.

Apakah arang aktif dapat menjadi diet kesehatan?
Tidak ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi arang aktif seperti minuman limun memiliki manfaat baik, atau produk makanan atau minuman lain yang merupakan bagian dari diet normal.

Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa arang aktif harus dikonsumsi sebagai bagian dari apa yang disebut diet "detoksifikasi", atau bahwa mengonsumsi arang aktif sama sekali sehat jika Anda tidak diracuni. Bahkan, mungkin tidak sehat untuk mengkonsumsinya jika Anda tidak membutuhkannya. Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Food Quality menemukan bahwa arang aktif menghilangkan vitamin sehat yang ditemukan dalam jus apel. Arang aktif juga biasa ditemukan dalam sistem penyaringan air, masker pernapasan dan filter udara. Sama seperti menghilangkan racun dari tubuh kita, arang aktif menarik dan mengikat kontaminan dalam air dan udara termasuk radon, bahan bakar, pelarut dan banyak bahan kimia industri dan radioaktif, dan melindungi kita terhadap pernapasan atau menelannya, menurut Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. Agensi (EPA)

Apakah arang aktif baik untuk pasta gigi?
 Arang aktif sekarang dapat dengan mudah ditemukan di banyak produk kesehatan dan kecantikan yang dijual bebas, termasuk pasta gigi. Kebanyakan pasta gigi yang mengandung arang sangat abrasif terhadap enamel gigi dan dapat menyebabkan gigi sangat sensitif, yang menguning karena enamel yang dilucuti dan lebih rentan terhadap kerusakan gigi, menurut Benjamin Schwartz, seorang dokter bedah gigi dan asisten profesor klinis di Touro. College of Dental Medicine di New York Medical College.
 "Ada sangat sedikit studi klinis yang menguraikan manfaat jangka panjang dari pasta gigi arang. Sebaliknya, banyak dari studi tersebut menunjukkan risiko jangka panjang dengan penggunaan pasta gigi arang dalam waktu lama," kata Shwartz.
Selain itu, sebagian besar pasta gigi arang aktif tidak mengandung fluoride dan bahkan dapat membalikkan manfaat fluoride, yang merupakan bahan utama untuk mencegah gigi berlubang.

Apakah arang aktif baik untuk Produk Kosmetik?
Arang aktif dapat ditemukan dalam segala hal, mulai dari sampo dan kondisioner hingga mencuci muka dan masker, dengan klaim bahwa arang dapat menyerap kelebihan minyak dan kotoran lainnya. Sementara arang aktif mungkin relatif aman bila digunakan secara topikal (tujuan klinik) bukan gaya hidup. Tidak ada bukti klinis untuk mendukung klaim bahwa arang aktif melakukan apa saja untuk menghilangkan ketidaksempurnaan kosmetik, menurut sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal Clinics in Dermatology. Banyak perusahaan mengiklankan keberadaan arang aktif dalam produk mereka dan mengklaim bahwa penawaran mereka adalah antivirus, antibakteri atau antijamur. Nyatanya hanya ada sedikit bukti ilmiah bahwa produk-produk ini memberikan manfaat kesehatan, kata Schwartz.

Arang memang menyerap mineral lain, sehingga secara teoritis dapat menyerap dan menonaktifkan sel bakteri atau virus, tetapi sejauh apa dugaan kita bahwa arang aktif dapat melakukannya terhadap virus dll?  Dan sekiranya benar, bagaimana mengontrol arang aktif untuk tidak melakukannua untuk pada bakteri sehat yang berada di rongga mulut, lambung? Jika merka berani mengklaim dengan mempromosikan arang aktif dalam pasta gigi serta produk kesehatan dan kecantikan lainnya entah bagaimana secara ajaib  mereka dapat membuktikannya secara ilmu pengetahuan, itu akan menjadi masalah yang sangat besar, kata Schwartz.
"Jika kita bisa menggunakan pasta gigi yang secara selektif akan menyerang pelaku mikroskopis, maka tentu penyakit gigi tak akan sulit untuk dimenangkan" 

Refrensi:
Klinik Mayo , live science


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun