Monday, September 30, 2019

Praktik: Menghitung Persentase Endapan Berdasarkan Reaksi Stoikiometri

Beberapa ciri-ciri umum dari reaksi kimia, yaitu:

  • Perubahan warna
  • Terbentuknya gelembung
  • Terbrntuknya endapan
  • Perubahan suhu
  • Perubahan volume dan
  • Bau

Salah satu ciri dari reaksi kimia adalah terbentuknya endapan. Dan endapan hasil dari reaksi kimia biasanya dipisahkan dari 3 cara, yaitu

1. Dekantasi
    Dekantasi adalah pemisahan endapan dengan cara menuangkan larutannya sehingga tertinggal endapan, Dekantasi didasarkan pada perbedaan ukuran zat (Heterogen).

2. Sentrifugasi
    Sentrifugasi adalah proses sedimentasi atau pemisahan endapan berdasarkan gaya sentrifugal yaitu dimana zat (endapan) menjauhi pusat putaran. Proses ini biasanya menggunakan alat sentrifugal khusus yang dapat diatur kecepatan perputarannya.

3. Penyaringan
    Penyaringan adalah salah satu cara sederhana untuk memisahkan zat berdasarkan perbedaan ukurannya, dalam sekala lab biasanya digunakan kertas saring.

Jumlah atau berat endapan yang dihasilkan dari reaksi kimia merupakan besaran stoikiometri yang dapat diuji melalui praktikum persentase endapan.

Contohnya, endapan NaCl yang dihasilkan dari reaksi sempurna antara NaOH dengan HCl

NaOH + HCl ---- NaCl +H2O

1 mol NaOH akan bereaksi dengan 1 mol HCl untuk menghasilkan 1 mol NaCl dan 1 mol H2O.

Secara teoritis Massa atom relatif (Mr) dari NaCl reaksi tersebut adalah
1 (23 × 35,5) = 58,5gr
NaCl (Ar Na; 23 + Ar Cl;35,5)

Hasil Eksperimen (Praktikum) ternyata dihasilkan NaCl 50,2 gram yang didapat dari menimbang berat endapannya. Maka persentase hasil eksperimennya adalah

50,2/58,5× 100% hasilnya 85,8%.

Mengapa hasil eksperiment tidak sesuai dengan hasil secara teoritis? Hal ini bisa dijelaskan dari faktor-faktor kesalahan atau ketelitian yang kurang, misalnya saat menimbang endapan atau bisa juga karena kontaminasi bahan.

Sekarang kita coba Menentukan reaksi pengendapan secara teoritis dan eksperimen dari Pb(CH3COO)2 + H2SO4------

Skema Kerja:
Kedalam tabung reaksi dicampurkan 5 ml Pb asetat dengan 5 ml H2SO4 1M. Amati endapan, saring endapan lalu keringkan dan timbang. Hitung persentase hasil yang diperoleh dan bandingkan hasil secara teoritis dan hasil eksperiment.

Secara teoritis

Pb ( CH3COOH )+ H2SO-----》PbSO+ 2CH3COOH + H2
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun