Bilangan asam, konsep dan metode Penentuan Bilangan Asam

Bilangan asam, konsep dan metode Penentuan Bilangan Asam

Bilangan asam yaitu ukuran dari jumlah  asam lemak bebas yang terkandung dalam minyak. Point penting Yang harus diingat bahwa didalam  minyak  ada asam lemak bebas dan ada asam lemak tidak bebas yang disebut sebagai trigliserida. Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan hewani, asam-asam yang tidak terikat menjadi trigliserida  secara alami ataupun faktor luar yang membuat ikatan trigliserida terlepas itulah yang disebut sebagai asam lemak bebas. 



Asam lemak bebas merupakan ukuran dari kualitas minyak atau ketahanan minyak. Minyak- minyak yang memiliki asam lamek tinggi adalah  minyak dengan kualitas buruk juga berarti minyak tersebut  memiliki ketahanan yang buruk.


Ada dua faktor yang membentuk asam lemak bebas, yaitu;
1. Faktor internal minyak 
    Faktor internal pembentuk asam lemak bebas Adalah faktor yang berasal dari minyak itu sendiri yaitu asam- asam lemak penyusun trigliseridanya. Misalnya; Secara umum asam asam dibagi menjadi dua bentuk yaitu jenuh (tidak memiliki ikatan rangkap) dan asam lemak tak jenuh (memiliki ikatan rangkap). Semakin tinggi atau semakin banyak ikatan rangkap asam lemak dalam minyak, minyak tersebut semakin mudah mengalami reaksi oksidasi atau ketahanan minyak tersebut menjadi berkurang. Sebaliknya, semakin jenuh asam lemak (sedikit ikatan rangkap) berarti memiliki ketahanan yang lebih baik.

2. Faktor eksternal 
    Faktor eksternal adalah faktor yang membentuk asam lemak bebas karena pengaruh perlakuan, misalnya karena pengolahan selama ekstraksi, pemanasan yang menyebabkan terjadinya oksidasi minyak, hidrolisis oleh air dan lain-lain. 
Ketika trigliserida terlepas membentuk asam lemak bebas, ia akan menjadi asam lemak netral yang mengurangi jumlah volume dari minyak. Asam asam netral tersebut akan mempengaruhi rasa, bau serta nilai kesehatan dalam minyak. 

Mungkinkah minyak nabati tidak memiliki asam lemak bebas? 
Dialamnya mungkin saja, tetapi ketika diekstrak kita tidak mungkin dapat mengekstraknya tanpa merusak struktur pelindung,  menggangu enzim (lipase) yang dapat menjadi suffort terjadinya reaksi hidrolisis dengan air. Pengambilan bahan yang belum terlalu mateng atau saat memiliki kadar air yang tinggi, kemudian pengolahan minyak yang melibatkan banyak hal sehingga tidak mungkin kita bisa menjaga minyak tetap  utuh.

Penentuan bilangan asam
Penentuan bilangan asam bisa berarti penentuan kualitas minyak, besar kecilnya bilangan asam akan mempengaruhi kualitas interinsik dan juga nilai jualnya. 
Penentuan bilangan asam adalah jumlah mg KOH yang dibutuhkan untuk menetralkan asam-asam lemak bebas dari satu gr minyak atau lemak. Bilangan asam dipgunakan untuk mengukur jumlah asam lemak bebas yang terdapat dalam minyak. 
Jika bilangan asam besar artinya bilangan asam lemah  bebasnya juga besar
Cara atau metode menentukan bilangan asam dalam  minyak; 
Sebanyak 1 g minyak dimasukkan kedalam gelas piala 200 mL, kemudian ditambahkan  etanol 95% sebanyak 50 mL. Campuran tersebut dipanaskan pada suhu 65 ᵒC sambil diaduk sampai membentuk larutan. Larutan ini dititrasi dengan KOH 0.1 N dengan indikator fenolftalein 1% sampai terlihat warna merah jambu. Selanjutnya dilakukan perhitungan jumlah mg KOH yang digunakan untuk menetralkan asam lemak bebas dalam 1 g sampel minyak.  (Mahsun, 2019)

Bilangan asam = (A X N X 56,1)/gram minyak
    Keterangan:
A  = jumlah mL KOH yang dibutuhkan untuk titrasi
N  = normalitas larutan KOH 
56.1 = berat ekivalen KOH 
Contoh perhitungan penentuan bilangan asam;

Dengan jumlah titrasi yang digunakan17,3 ml
Jumlah minyak yang digunakan adalah 10grm
   Bilangan asam (1) = (17,3 x 0,1 x 56,1)/gram minyak
                                                         = 9,7053 grKOH/gr

Dengan kata lain bilangan asam adalah jumlah KOH yang dibutuhkan untuk menetralkan satu gram asam lemak bebas. 
  • Standar bilangan asam dalam minyak menurut satuan standar nasional (SNI) , yaitu:
  • Untuk standar minyak nabati sebaga bahan bakar maksimalnya yaitu 4,0 mg KOH/g 
  • Untuk standar minyak nabati sebagai bahan makanan adalah 0,6 mg KOH/g



Kimiaterpadusmakma20143b10.blogspot.com
Mahsun. 2019. Universitas Mataram


0 Response to "Bilangan asam, konsep dan metode Penentuan Bilangan Asam "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel