Mengapa dimusim Kemarau cuaca dimalam hari menjadi lebih dingin?

Mengapa dimusim Kemarau cuaca dimalam hari menjadi lebih dingin?
Di Indonesia puncak musim kemarau jatuh pada Juni-agustus, dibebrapa daerah indonesia memiliki level musim kemarau yang mungkin bisa lebih parah , ada yang kekeringan parah dan dimalam harinya sangat dingin. 
Mengapa suhu dimalam hari menjadi lebih dingin dimusim kemarau? dibeberapa daerah diindonesia dapat mencatatkan suhu hingga 12°C dan yang paling merasakan adalah daerah di dataran tinggi dan.wilayah Bali-nusa tenggara.
Musim kemarau dengan suhu disiang hari sangat panas, Efeknya , sumber Zat cair atau Uap air diudara menjadi menipis , Fungsi uap air dilihat dari sifatnya yang dapat mempertahankan Panas & Radiasi yaitu mempertahankan kondisis suhu bumi (Mempertahankan Panas diatmosfer). Dimusim panas dengn uap air yang kurang , Maka penyerapan atau Fungsi mempertahankan panas bumi menjadi berkurang sehingga Panas , Radiasi sebagian besarnya terlemparkan keruang angkasa.
Dimalam hari dengan matahari terbenam ditambah panas bumi yang tersimpan kurang, menyebabkan suhu dimalam hari menjadi lebih dingin dibandaing musim hujan yang terjadi sebaliknya (Uap air diudara banyak = Penyerapan Panas Banyak).
Penyebab lain mengapa suhu di beberapa wilayah Indonesia jadi lebih dingin adalah karena pada bulan Juli ini wilayah Australia tengah berada pada musim dingin. Sifat dari massa udara yang berada di Australia ini dingin, kering, dan memiliki tekanan yang relatif tinggi. “Tekanan udara yang relatif tinggi di Australia ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia sehingga semakin berimplikasi pada penurunan suhu udara yang semakin besar pada malam hari di Indonesia khususnya Jawa, Bali, NTB, dan NTT.



Apakah ada hubungan dengan Aphelion?
Kenyataannya, sebagaimana dinyatakan BMKG dan LAPAN, Aphelion tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan suhu di Indonesia. Artinya bahwa Pengaruh Aphelion bukanlah Faktor utama mengapa Suhu dingin terjadi di Indonesia.

0 Response to "Mengapa dimusim Kemarau cuaca dimalam hari menjadi lebih dingin?"

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel