Sunday, March 10, 2019

Bagaimana Kita Bisa Terbangun Sebelum Jam Alarm?

Dari semua penemuan modern yang kita andalkan dalam kehidupan sehari-hari, jam alarm mungkin adalah yang paling dibenci secara universal. Jangles pagi yang menggelegar itu mengejutkan kita dengan tidak nyaman dari tidur kita, Namun, jam alarm yang mengganggu  sangat diperlukan untuk membuat kita bangun dari tempat tidur. Lalu, timubul pertanyaan yang menarik dari penomena tidur dan alarm: Bagaimana  orang terbangun sebelum jam alarm berbunyi atau tanpa alarm pun manusia tetaplah terbangun?


Sepanjang zaman, Problema waktu telah menjadi misteri yang ters coba dipecahkan dengan cara yang rumit. seperti Orang-orang Yunani dan Mesir kuno mengembangkan tugu editorial  menjulang yang  menandai hari dengan bergerak bersama matahari. Berasal dari sekitar 1500 SM, jam pasir buatan manusia, jam air, dan lampu minyak, yang bergerak dengan pasir, air, dan minyak.

Dari penemuan-penemuan awal ini muncul beberapa alarm - seperti jam lilin. Perangkat sederhana ini berasal dari Tiongkok kuno yang dilepaskan saat lilin meleleh, membuat logam keras ke waktu yang ditentukan, membangunkan orang yang tertidur. Namun penemuan yang dianggap  kasar itu tidak cukup untuk diandalkan. Jadi, sampai penemuan terbaru yang lebih tepat , Kita tetap meyakini  jam tubuh internal yang masih lebih hebat.

Secara alami orang memiliki tingkat kantuk dan kewaspadaan yang berbeda sepanjang hari, apa yang menyebabkan pola ini? Manusia memiliki dua proses biologis, yaitu  homeostasis dan Jam biologis sirkadian, kata Melinda Jackson, peneliti senior dalam tidur dan psikologi di Royal Melbourne Institute of Technology University di Australia.

Homeostasis
Prinsip utama yang mendasari homeostasis - proses pensinyalan yang diatur oleh wilayah hipotalamus di otak  . cara kerja Homeostasis adalah Ketika kita telah bangun untuk jangka waktu yang lama, homeostasis tidur / bangun memberi tahu kita bahwa kebutuhan untuk tidur semakin menumpuk dan sudah saatnya untuk tidur. Ini juga membantu kita mempertahankan tidur yang cukup sepanjang malam untuk menebus jam bangun disiang hari. Jika proses pemulihan ini ada sendirian, itu berarti bahwa kita akan paling waspada ketika hari kita mulai, karena semakin lama kita terjaga maka akan semakin lama kita akan ertidur . Dengan cara ini, homeostasis tidur / bangun menciptakan drive yang menyeimbangkan tidur dan terjaga.

Ritme sirkadian
juga dikendalikan oleh sel-sel di hipotalamus - adalah proses paralel yang mengatur fase kantuk dan kewaspadaan selama sehari. Proses ini juga dipengaruhi oleh cahaya dan gelap, yang berarti bahwa periode kewaspadaan dan tidur biasanya masing-masing berkaitan dengan cahaya pagi dan kegelapan malam. Di era sebelum alarm, Jackson mengatakan sangat mungkin bahwa ini adalah bagaimana orang akan bangun, akumulasi jam tidur, dipasangkan dengan sinar matahari terbit.

Jam biologis sirkadian dikendalikan oleh bagian otak yang disebut Suprachiasmatic Nucleus (SCN), sekelompok sel dalam hipotalamus yang merespons sinyal cahaya dan gelap. Dari saraf mata, cahaya bergerak ke SCN, menandakan jam internal bahwa sudah waktunya untuk bangun. SCN memberi sinyal ke bagian otak lain yang mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lain yang berperan membuat kita mengantuk atau terjaga. Di pagi hari, dengan paparan cahaya, SCN mengirimkan sinyal untuk menaikkan suhu tubuh dan menghasilkan hormon seperti kortisol. SCN juga merespons cahaya dengan menunda pelepasan hormon lain seperti melatonin, yang berhubungan dengan onset tidur dan diproduksi ketika mata memberi sinyal kepada SCN bahwa itu gelap. Kadar melatonin naik di malam hari dan tetap tinggi sepanjang malam, meningkatkan tidur.


Apa yang terjadi ketika waktu tidur terganggu?
Pada remaja, penelitian telah menunjukkan bahwa kadar melatonin dalam darah secara alami naik pada malam hari dibandingkan pada kebanyakan anak-anak dan orang dewasa. Karena remaja mungkin mengalami kesulitan tidur lebih awal untuk mendapatkan tidur yang cukup,sehingga  menjaga lampu redup di malam hari saat menjelang tidur dapat membantu dan mendapatkan cahaya terang secepat mungkin di pagi hari.

Gangguan sirkadian seperti jet lag (gangguan tidur sirkadian: ketika jam internal tubuh tidak sinkron dengan ona waktu yang baru) ini membuat kita bertentangan dengan pola tidur alami kita, karena perubahan waktu dan isyarat cahaya pada otak memaksa tubuh untuk mengubah pola normalnya untuk menyesuaikan diri. Inilah sebabnya jet lag dapat membuat wisatawan merasa buruk dan memiliki lebih banyak kesulitan untuk berpikir dan berkinerja baik. Tetapi gejala-gejala ini juga dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari, ketika ritme sirkadian terganggu dengan menjaga waktu yang lama dan tidak teratur. Karena itu, penting untuk menjaga jadwal tidur teratur dan memberikan banyak waktu untuk tidur berkualitas, memungkinkan dua komponen biologis vital ini - proses pemulihan tidur / bangun dan ritme sirkadian - untuk membantu kita tampil lebih baik.


History source:
sleepfoundation , livescience
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun