Tuesday, February 5, 2019

Sering Lupa Mimpi, ini Alasan Ilmiah dan cara mengatasinya

Kita pasti pernah terbangun kemudian langsung berpikir sejenak dan bertanya “apa mipi saya tadi?” Kita semua menghabiskan spertiga hidup untuk tidur dan sebagiannya disertai mimpi , namun saat kita terbangun  kita lupa sebagiam besar dari apa yang kita impikan .

Jika dalam kehidupan nyata ,pastilah kasus lupa dengan cepat akan moment yang baru saja dilewati akan berakhir diruang dokter . Namun, dengan mimpi  yang sulit diingat adalah  normal. 



Mengapa kita tidak bisa mengingat mimpi?

"Kami memiliki kecenderungan untuk segera melupakan mimpi, dan orang yang jarang menceritakan mimpi mereka hanya melupakannya dengan lebih mudah," kata Thomas Andrillon, seorang ilmuwan saraf di Monash University di Melbourne, Australia.

Mungkin sulit untuk percaya bahwa kita memiliki mimpi jika kita  tidak mengingatnya , tetapi penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa bahkan orang-orang yang belum mengingat mimpi tunggal dalam beberapa dekade atau bahkan seumur hidup mereka , pada kenyataannya mereka mengingat  jika mereka dibangunkan pada saat yang tepat, kata Andrillon.

Sementara alasan pastinya tidak diketahui sepenuhnya, para ilmuwan telah memperoleh beberapa wawasan tentang proses ingatan selama tidur, yang mengarah ke beberapa ide yang dapat menjelaskan kelupaan khas kita.

Saat terbangun , apakah system syaraf Hippocampus seketika juga bangun?

Ketika kita tertidur, tidak semua daerah otak menjadi offline pada saat yang sama, menurut sebuah studi 2011 di jurnal Neuron. Para peneliti telah menemukan salah satu daerah terakhir untuk tidur adalah hippocampus, struktur melengkung yang berada di dalam setiap belahan otak dan sangat penting untuk memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.
Jika hippocampus adalah yang terakhir tidur, bisa jadi yang terakhir bangun, kata Andrillon.
"Jadi, Anda dapat memiliki jendela ini di mana Anda bangun dengan mimpi dalam ingatan jangka pendek Anda, tetapi karena hippocampus belum sepenuhnya terjaga, otak Anda tidak dapat menyimpan ingatan itu," kata Andrillon kepada Live Science.

Meskipun ini mungkin menjelaskan mengapa ingatan mimpi begitu cepat menghilang, itu tidak berarti bahwa hippocampus Anda tidak aktif sepanjang malam. Bahkan, wilayah ini cukup aktif selama tidur, dan tampaknya lebih aktif untuk menyimpan dan merawat kenangan yang “sudah ada” untuk mengonsolidasikannya, daripada mendengarkan “pengalaman baru” yang masuk.

"Beberapa data menunjukkan bahwa [selama beberapa tahap tidur] hippocampus mengirim informasi ke korteks, tetapi tidak menerima apa pun," kata Andrillon. "Komunikasi searah ini akan memungkinkan pengiriman kenangan dari hippocampus ke korteks otak untuk penyimpanan jangka panjang, tetapi informasi baru tidak akan didaftarkan oleh hippocampus."

Saat bangun, otak mungkin memerlukan setidaknya 2 menit untuk memulai kemampuan penyandian memori. Dalam sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience, para peneliti di Perancis memantau pola tidur pada 18 orang yang melaporkan mengingat mimpi mereka hampir setiap hari, dan 18 lainnya yang jarang mengingat mimpi mereka. Tim menemukan bahwa dibandingkan dengan pengingat mimpi rendah, pengingat tinggi lebih sering terbangun pada malam hari. Kebangkitan tengah malam ini berlangsung rata-rata 2 menit untuk pengingat tinggi, sedangkan kebangkitan pengingat rendah berlangsung rata-rata 1 menit.


Bagaimana Aktivitas neurokimia saat tertidur dengan mimpi?

Kemampuan yang buruk untuk menyandikan ingatan baru selama tidur juga terkait dengan perubahan kadar dua neurotransmiter yaitu asetilkolin, dan noradrenalin, yang sangat penting untuk mempertahankan ingatan. Ketika kita tertidur, asetilkolin dan noradrenalin turun secara dramatis.

Kemudian, sesuatu yang aneh terjadi ketika kita memasuki tahap tidur gerakan mata cepat (REM), di mana mimpi yang paling jelas terjadi. Pada tahap ini, asetilkolin kembali ke tingkat terjaga, tetapi noradrenalin tetap rendah.

Para ilmuwan belum mengerjakan teka-teki ini, tetapi beberapa menyarankan bahwa kombinasi neurotransmitter ini mungkin menjadi alasan kita melupakan impian kita. Peningkatan asetilkolin membuat korteks dalam keadaan terangsang mirip dengan terjaga, sementara noradrenalin rendah mengurangi kemampuan kita untuk mengingat petualangan mental kita selama masa ini, menurut sebuah studi pada 2017 di jurnal Behavioral and Brain Sciences.


Karena  impian Anda Bentuknya  tidak penting untuk  diingat

Apakah Anda ingat apa yang Anda pikirkan tentang pagi ini ketika menyikat gigi? Pikiran kita berkeliaran setiap saat, tetapi kita membuang sebagian besar pikiran itu sebagai informasi yang tidak penting. Mimpi, terutama yang duniawi, mungkin seperti pikiran melamun dan dianggap oleh otak terlalu tidak berguna untuk diingat, kata peneliti mimpi terakhir Ernest Hartmann, seorang profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Tufts, menulis dalam Scientific American.

Tetapi mimpi yang lebih jelas, emosional dan koheren tampaknya lebih diingat - mungkin karena mereka memicu lebih banyak kebangkitan, dan narasi yang terorganisir membuat mereka lebih mudah disimpan, kata Andrillon.


Cara-cara  Agar Mudah Mengingat Mimpi: 

Jika Anda ingin meningkatkan daya ingat Anda, ada beberapa trik untuk dicoba. Cara- cara yang dapa dilakukan agar mudah mengingat mimpi 

  • Robert Stickgold, seorang profesor psikiatri di Harvard Medical School, menyarankan minum air sebelum tidur, karena itu akan membuat Anda bangun di malam hari untuk menggunakan kamar mandi. 
  • Bangun tengah malam ini dapat membuat pengingat mimpi, Stickgold mengatakan kepada The New York Times.
  • Begitu berada di tempat tidur, berulang kali mengingatkan diri sendiri bahwa Anda ingin mengingat mimpi Anda hal itu dapat meningkatkan peluang Anda, Sugesti 
  • Membuat ingatan  mimpi, beberapa penelitian telah menyarankan. Setelah bangun, pegang memori mimpi yang rapuh itu (ingat): Tutup mata, tetap diam dan ulangi memori mimpi itu, sampai hippocampus Anda menangkap dan menyimpan memori dengan benar.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun