Dapatkah kita menemukan Partikel tuhan dialam (Higgs boson)?

Dapatkah kita menemukan Partikel tuhan dialam (Higgs boson)?
Pixabay

Setelah bertahun-tahun melakukan partikel dan head-bashing di LHC, satu pertanyaan yang membara adalah apakah ada cara yang lebih mudah untuk melakukan ini. Alih-alih membangun collider berenergi tinggi sepanjang 18 mil untuk menghasilkan partikel Higgs dari awal, tidak bisakah kita mencari satu di alam saja?


Dan jika demikian, di mana di ruang angkasa?

John Gunion, penulis pertama "The Higgs Hunter's Guide" (Basic Books, 1990) dan seorang profesor fisika di University of California, Davis, mengatakan bos Higgs secara teratur muncul di seluruh penjuru ruang angkasa. Fluktuasi kuantum - semburan energi sesaat entah dari mana yang diizinkan oleh aturan mekanika kuantum - menyebabkan pasangan partikel muncul secara spontan dari ruang hampa, lalu memusnahkan satu sama lain sesaat kemudian. Karena fregie Higgs ini memiliki energi yang sangat tinggi, aturan mekanika kuantum menentukan bahwa mereka tidak bisa bertahan selama partikel yang lebih kecil akan melakukannya. Jadi, jika Anda seorang pemburu Higgs, berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk menangkap boson ini sebelum menghilang? "Lebih pendek dari 1 triliun dari 1 triliun per detik," kata Gunion. 

Gordon Kane, seorang profesor fisika di University of Michigan dan penulis bersama "The Higgs Hunter's Guide," mengatakan bahwa fluktuasi kuantum jarang terjadi di satu tempat. "Tapi ada banyak tempat yang bisa terjadi (semua ruang), jadi semuanya sering terjadi, tetapi kamu tidak ada di sana untuk melihatnya."

Space Higgs: Seperti pohon yang jatuh di hutan tanpa ada orang di sana yang mendengar tabrakan.

Selain efek kuantum yang aneh, ada beberapa peristiwa lain di luar angkasa yang menghasilkan boson Higgs, kata fisikawan itu. "Lubang hitam melepaskan pasangan boson Higgs, di antara banyak hal lainnya," kata Gunion. "Mereka menghasilkan partikel-partikel Higgs di cakrawala mereka, dan jika kamu meletakkan detektor di sana, kamu akan melihatnya. Tetapi detektor itu akan dilahap cukup cepat oleh lubang hitam."

Sayangnya kita tidak bisa hanya mengarahkan teleskop kita yang ada di bumi ke lubang hitam dan berharap untuk melihat Higgs, karena partikelnya akan membusuk jauh sebelum tiba di sini, tambahnya.

Supernova, ledakan bintang yang sekarat, menghasilkan ledakan partikel yang bergerak cukup cepat untuk menciptakan boson Higgs ketika mereka bertabrakan. (Bayangkan tabrakan partikel di LHC, tetapi di ruang angkasa.) Namun, melihat dari dekat Higgs dari supernova sama rumitnya dengan mengintip satu lubang hitam: Detektor Anda harus duduk di sebelah supernova diarahkan tepat ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk melihat Higgs sebelum meluruh. Dan kemudian, tentu saja, detektor itu akan hancur oleh ledakan bintang.


0 Response to "Dapatkah kita menemukan Partikel tuhan dialam (Higgs boson)? "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel