Friday, February 22, 2019

Bagaimana Partikel Tuhan (Higgs Boson) Bekerja di alam semesta


Higgs Boson selama kurang lebih setengah abad menjadi perburuan bahkan harus mengeluarkan baiaya yang sangat mahal hanya untuk menemukan partikel yang bahkan tak mampu dilihat oleh mata , yang keberadaannyaapun hanya dapat dideteksi dari sifat dan efek yang ditimbulkan. 

Namun menjadi bukti penting yang membuat nafas lega , bagaimana partikel-paartikel penyusun materi memiliki massa karena keberadaannya . saat kita tidak meragukan lagi bagaimana teori bigbang menjadi teori keberadaan alam semesta, malalui upaya tabrakan bintang raksasa miliaran  tahun yang lalu ternyata tiak cukup mengetahui bagaimana alam semesta terbentuk kita juga perlu mengetahui bagaimana hamburan dari ledakan tersebut menjadi materi pelanet yang memiliki massa. 

Jawabannya adalah higgs bososn , partikel dasar dari keberadaan massa setiap partikel . yang mampu menebak siklus sebaliknya dari perjalanan alam semesta yaitu kehancurannya .  

Dari apa yang diketahui tentang partikel sekarang, fisikawan telah mengatakan boson Higgs dapat mengeja malapetaka alam semesta di masa depan yang sangat jauh. Itu karena massa boson Higgs adalah bagian penting dari perhitungan yang menunjukkan masa depan ruang dan waktu. Massanya yang 126 kali massa proton hanya tentang apa yang dibutuhkan untuk menciptakan alam semesta yang secara fundamental tidak stabil yang akan mengarah pada miliaran tahun bencana dari sekarang. 

"Perhitungan ini memberi tahu Anda bahwa puluhan miliar tahun dari sekarang akan ada malapetaka," Joseph Lykken, seorang ahli fisika teori di Fermi National Accelerator Laboratory di Batavia, Illinois, mengatakan bulan lalu pada pertemuan tahunan Amerika. Asosiasi untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan.

"Mungkin alam semesta yang kita tinggali secara inheren tidak stabil, dan pada beberapa titik miliaran tahun dari sekarang semuanya akan lenyap," tambah Lykken, seorang kolaborator pada percobaan CMS.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun