Apakah Partikel Tuhan (Higgs Boson) ada di tubuh manusia?

Apakah Partikel Tuhan (Higgs Boson) ada di tubuh manusia?
Saat kita mengerti Peran Higgs Boson untuk melengkapi ruang kosong dari Konsep Partikel dasar  maka pertanyaan yang mungkin menggelitik anda tapi bukan lelucon , bahwa semua materi partikel yang memiliki massa adaalah karya dari Higgs boson melalui proses yang rumit seperti tabrakan antar Partikel , apakah itu terjadi di tubuh anda ? 


Ilustrasi: Pixabay

Mungkin ini adalah pertanyaan terdalam dari semua adalah mengapa Higgs boson - yang menarik begitu banyak perhatian dari para ilmuwan karena mereka adalah partikel yang menanamkan semua partikel lain dengan massa mereka - tidak ada di mana-mana sepanjang waktu. Singkatnya, jika tidak ada Higgs di dalam saya, mengapa saya tidak menimbang nol pound?


"Itu pertanyaan yang rumit," kata Craig Blocker, seorang fisikawan pemburu Higgs di Universitas Brandeis. "Ini ada hubungannya dengan mekanika kuantum. Dalam teori kuantum, semua partikel sesuai dengan apa yang kita sebut medan. Sebagai contoh, medan elektromagnetik sesuai dengan foton (partikel cahaya), dan partikel Higgs berhubungan dengan medan Higgs. Setiap partikel memiliki ladangnya sendiri, dan sebagian besar ladang ada di mana-mana setiap saat. Tetapi Anda harus mendapatkan energi yang cukup untuk membangkitkan ladang itu sehingga terlihat seperti partikel bagi kita. Kalau tidak, kita tidak tahu bahwa ladang itu ada di sana. "


Fluktuasi kuantum, lubang hitam, dan supernova semuanya memiliki apa yang diperlukan untuk membuat bidang Higgs terlihat seperti partikel Higgs. Namun, karena peristiwa ini terjadi terlalu jauh dan untuk waktu yang terlalu singkat, tampaknya LHC adalah taruhan terbaik kami.

Paul Sutter adalah seorang astrofisikawan di The Ohio State University dan kepala ilmuwan di COSI Science Center. Sutter juga menjadi tuan rumah dari Ask a Spaceman, RealSpace dan COSI Science Now.

Aku yakin sekarang kita semua sudah mendengar refrainnya: "Boson Higgs menciptakan massa." Dan jika Anda belum pernah mendengarnya, yah, sekarang sudah. Pernyataan sederhana ini tampaknya mengepulkan konsep: bahwa setiap pon dan gram tubuh Anda, turun pada skala submikroskopis, disebabkan oleh goo Higgs yang tak terlihat ini yang memenuhi alam semesta.

Oleh karena itu julukan "The God Particle," yang dengan frustrasi memasuki kesadaran publik. Tanpa Higgs, tidak akan ada massa. Tanpa Higgs, semua fisika yang kita kenal dan cintai akan berhenti, partikel terbang dengan kecepatan cahaya, hampir tidak pernah memiliki kesempatan untuk berinteraksi.

Higgs boson memang memainkan peran dalam massa, tetapi itu jauh kurang signifikan daripada yang Anda pikirkan. Melihat Anda, kami menemukan bahwa tubuh Anda terbuat dari organ, yang terbuat dari jaringan, yang terbuat dari sel, yang terbuat dari molekul, yang terbuat dari atom. Atom-atom memiliki nukleus yang dikelilingi oleh awan elektron, dan elektron-elektron itu sangat lemah - sangat tidak berarti sehingga bagi sebagian besar perhitungan massa mereka dapat diabaikan begitu saja.

Menggali ke dalam inti atom, kita menemukan proton dan neutron, daging dan kentang atom. Tetapi mereka juga terbuat dari komponen yang bahkan lebih kecil - quark. Setiap proton dan neutron terdiri dari triplet quark yang terikat erat oleh gluon, pembawa gaya nuklir kuat.

Dan di sinilah semuanya menjadi sangat aneh. Jika Anda menambahkan massa dari tiga quark yang terdiri dari masing-masing proton atau neutron, Anda hanya akan berakhir dengan sekitar 1 persen dari total massa.

Betul. Massa total semua bagian fundamental Anda (elektron dan quark) hanya sebagian kecil dari berat badan Anda yang menggelikan. Alih-alih, sebagian besar kesalahan dalam menghitung skala adalah energi dari interaksi antara bagian-bagian Anda. Gluon-gluon yang mengikat proton dan neutron bersama-sama tidak memiliki massa, tetapi fakta bahwa mereka melakukan pekerjaan mereka - yaitu, menempelkan - menimbulkan energi yang mengikat.

Membutuhkan energi untuk merobek proton atau neutron, dan karena kita hidup di alam semesta di mana E = mc2, energi adalah massa (c untuk kecepatan cahaya hanya memberi tahu kita berapa banyak energi dalam sedikit massa; konsep fundamental dalam hubungan yang terkenal itu massa dan energi sama sekali setara).

Karenanya, sebagian besar massa Anda adalah energi pengikat proton dan neutron Anda. Dan tidak ada yang ada hubungannya dengan bos Higgs.

0 Response to "Apakah Partikel Tuhan (Higgs Boson) ada di tubuh manusia? "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel