Manfaat Tidur diatas Ayunan , Memperkuat memori otak

Manfaat Tidur diatas Ayunan , Memperkuat memori otak
Penelitian terbaru mengungkap bukti mannfaat tertidur deitampat bergoyang , atau tidur berayun . penelitian ini melibatkan orang dewasa dan juga menggunakan model hewan untuk merekam bagian dari neiron mana yang berpengaruh . 



Siapa pun yang pernah menidurkan anak kecil atau tertidur di tempat tidur gantung yang lembut akan tahu bahwa gerakan goyang membuat tidur terasa lebih mudah. Sekarang, dua studi baru yang dilaporkan dalam Current Biology pada 24 Januari 2019, satu dilakukan pada orang dewasa muda dan yang lain dengan model hewan pada tikus, menambah bukti untuk manfaat luas dari gerakan goyang saat tidur. Bahkan, penelitian pada orang menunjukkan bahwa goyang tidak hanya mengarah pada tidur yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan konsolidasi memori selama tidur.

"Tidur nyenyak berarti tertidur dengan cepat dan kemudian dapat  tertidur sepanjang malam," kata Laurence Bayer dari University of Geneva, Switzerland. " Bayer dan rekan-rekan mereka sebelumnya menunjukkan bahwa goyang terus menerus selama tidur siang 45 menit membantu orang untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Dalam studi baru, yang dipimpin oleh Laurence Bayer dan Sophie Schwartz, Universitas Jenewa, Swiss, mereka ingin mengeksplorasi efek goyang pada tidur dan gelombang otak yang terkait sepanjang malam.

Para peneliti meminta 18 orang dewasa muda yang sehat untuk menjalani pemantauan tidur di laboratorium. Malam pertama dimaksudkan agar mereka terbiasa tidur di sana. Mereka kemudian tinggal dua malam lagi - satu tidur di tempat tidur goyang lembut dan yang lainnya tidur di tempat tidur biasa  yang tidak bergerak.

Data menunjukkan bahwa partisipan tertidur lebih cepat saat tidur ditempat bergoyang. Begitu tertidur, mereka juga mereka  tidur lebih nyenyak, dan tidak mudah terbangun.

Selanjutnya, para peneliti ingin tahu bagaimana tidur yang lebih baik memengaruhi memori. Untuk menilai konsolidasi atau kekuatan memori otak , peserta diminta mempelajari pasangan kata. Para peneliti kemudian mengukur akurasi mereka dalam mengingat kata-kata berpasangan dalam sesi malam dibandingkan dengan keesokan paginya ketika mereka bangun. Mereka menemukan bukti  bahwa yang lebi baik ketika di tes esok paginya adalah mereka yang diguncang saat tidur atau tidur ditempat berayun.

Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa goyang mempengaruhi osilasi otak saat tidur. Mereka melihat bahwa gerakan goyang menyebabkan entrainment dari osilasi otak spesifik dari gerakan mata yang tidak cepat tidur (osilasi lambat dan spindle). Akibatnya, gerakan goyang terus menerus membantu menyinkronkan aktivitas saraf di jaringan talamo-kortikal otak, yang memainkan peran penting dalam konsolidasi tidur dan memori.

Studi kedua pada tikus oleh Konstantinos Kompotis dan rekannya adalah yang pertama untuk mengeksplorasi apakah goyang meningkatkan tidur pada spesies lain. Dan memang benar. Para peneliti, yang dipimpin oleh Paul Franken, Universitas Lausanne, Swiss, menggunakan shaker bolak-balik komersial untuk member goyangan  kandang tikus saat mereka tidur.

Dan  frekuensi dari efek tidur goyang terbaik untuk tikus ditemukan empat kali lebih cepat tertidur daripada pada orang, studi para peneliti menunjukkan bahwa goyang meningkatkan waktu tidur pada tikus seperti pada manusia. Namun, tikus tidak menunjukkan bukti tidur lebih dalam.

Para peneliti menduga bahwa efek goyang pada tidur terkait dengan stimulasi ritme sistem vestibular, sistem sensorik yang berkontribusi terhadap rasa keseimbangan dan orientasi spasial. Untuk mengeksplorasi gagasan ini pada tikus, para peneliti mempelajari hewan yang sistem vestibularnya terganggu oleh organ otolitik yang tidak berfungsi, ditemukan di telinga mereka. Studi mereka menunjukkan bahwa tikus yang kurang berfungsi organ otolitik tidak mengalami efek menguntungkan dari goyang selama tidur.

Bersama-sama, kedua studi "memberikan wawasan baru ke dalam mekanisme neurofisiologis yang mendasari efek stimulasi goyang pada tidur," tulis Bayer dan Perrault. Temuan ini mungkin relevan untuk pengembangan pendekatan baru untuk merawat pasien dengan insomnia dan gangguan suasana hati, serta orang tua, yang sering menderita kurang tidur dan gangguan memori.

Para peneliti mengatakan akan sangat penting dalam pekerjaan di masa depan untuk mengeksplorasi struktur otak yang lebih dalam yang terlibat dalam efek goyang saat tidur.
"Alat saat ini, seperti optogenetika, dapat membantu kami menguraikan struktur mana, atau bahkan populasi neuron, menerima rangsangan dari organ otolitik dan memindahkannya lebih jauh ke struktur sirkuit tidur," kata Franken. "Memetakan jaringan komunikasi antara kedua sistem akan memberikan pemahaman dasar, serta target klinis baru untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia."


Source:
Cell Press,  Dailyscience

Journal References:
Perrault et al. Whole-Night Continuous Rocking Entrains Spontaneous Neural Oscillations with Benefits for Sleep and Memory. Current Biology, DOI: 10.1016/j.cub.2018.12.028

Kompotis et al. Rocking Promotes Sleep in Mice through Rhythmic Stimulation of the Vestibular System. Current Biology, 2019 DOI: 10.1016/j.cub.2018.12.007

0 Response to "Manfaat Tidur diatas Ayunan , Memperkuat memori otak"

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel