4 Cara Mengobati Selulitas (Cellulitas) dan 5 Tindakan Pencegahannya

4  Cara Mengobati Selulitas (Cellulitas) dan 5 Tindakan  Pencegahannya
Selulitis adalah infeksi umum yang dapat menyerang siapa saja. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), ada sekitar 14,5 juta kasus selulitis yang didiagnosis di AS setiap tahun. Orang dewasa biasanya mengalami selulitis di tungkai bawah, meskipun itu bisa terjadi di mana saja ada kerusakan pada kulit, menurut Julie Maher, asisten klinis profesor keperawatan di Carthage College di Wisconsin.

Diindonesia terdapat lebih dari 150 Ribu kasus setiap tahunnya . Dengan kasus sedang dan dapat ditangani , berikut rentang usia yang paling banyak terinfeksi bakteri cellulitas 
Data kasus Selulitas di Indonesia 


Bagaimana Cara Mengobati dan Tindakan Perawatan Selulitas? 

4 Cara Mengobati Selulitas dan tindakan perawatannya:
  • Selulitis sering diobati dengan antibiotik oral, menurut AAD, dengan putaran biasanya berlangsung tujuh hingga 14 hari. Kasus yang lebih serius mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit dan antibiotik intravena.
  • Menjaga area yang terinfeksi tetap bersih dan tertutup, dan menjaganya tetap tinggi untuk membantu mengurangi pembengkakan - alasan yang baik untuk tetap di sofa dan menjauh dari bakteri lain.
  • Sebagian besar kasus selulitis cepat sembuh dengan perawatan ini tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau terganggu mungkin tidak dapat melawan infeksi.
  • Jika tidak diobati, selulitis dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Menurut Cedars-Sinai Medical Center, selulitis yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi termasuk kerusakan jaringan yang luas dan kematian jaringan (gangrene), serta menginfeksi tulang, sistem getah bening, jantung dan sistem saraf.
  • Sepsis, atau infeksi darah, adalah komplikasi yang lebih serius yang mungkin timbul dari selulitis, kata Maher. Setelah infeksi mencapai aliran darah, ia dapat menyebar ke seluruh tubuh, menimbulkan kekacauan dari dalam. Sepsis adalah keadaan darurat medis yang mengancam jiwa, menurut Sepsis Alliance, dan bahkan dengan perawatan yang cepat diberikan, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan permanen atau kematian.

                               
5  Cara Mencegah  terinfeksi Cellulitas:

  • Kebersihan tangan yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan terkena selulitis, kata Maher. Yang Anda butuhkan adalah sabun, air hangat, dan gesekan untuk mengurangi jumlah bakteri yang hidup di kulit. Secara umum, kebersihan kulit yang baik akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan karena itu membatasi retak atau bukaan pada kulit yang mungkin timbul dari kekeringan.
  • Memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik juga dapat menurunkan kemungkinan mengembangkan selulitis.
  • ketika Anda mendapatkan luka, cuci luka sesegera mungkin dengan sabun dan air hangat, sebelum menerapkan salep pelindung (seperti jeli berbasis minyak seperti Vaseline atau Aquaphor, atau antibiotik topikal seperti Polysporin atau Neosporin), Mayo Clinic menyarankan. Perban memberikan lapisan perlindungan tambahan dari bakteri dan harus diganti setiap hari.
  • Periksa dengan dokter Anda tentang menjaga luka terbuka seperti lecet atau luka parah dibersihkan dan dilindungi.
  • Jika ada kondisi kesehatan kronis sekunder, seperti diabetes, maka sangat penting untuk mengikuti perawatan untuk membantu menjaga selulitis dari terjadi atau berulang dan mencegah komplikasi lebih lanjut dari kondisi kronis, kata Maher.


Refrensi:
National Institute of Allergy and Infectious Diseases , MedlinePlus , Livescience.

Jurnal-jurnal penelitian Tentang Cellulitas
Copy & Fastekan di Tab brwser anda
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30253955
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30266895
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30299266



0 Response to "4 Cara Mengobati Selulitas (Cellulitas) dan 5 Tindakan Pencegahannya"

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel