Tekstil cerdas (smart textiles) dengan serat elektronik berbahan Graphene

Tekstil cerdas (smart textiles)  dengan serat elektronik berbahan Graphene
Sebuah tim internasional , yang dipimpin oleh Profesor Monica Craciun dari Depatemen Teknik Universitas Exeter . memplopori teknik baru untuk menciptakan serat elektronik sepenuhnya yang dapat dimasukkan kedalam produksi pakaian sehari- hari .



Pada era Saat ini , pencapaian perangkat elektronik yang dapat dikenakan hanya dengan menempelkan perangkat ke kain , yang berarti bahwa alat tersebut terlalu kaku dan rentan terhadap gangguan fungsi .

Penelitian terbaru ini justru , mengintegrasikan perangkat elektronik kedalam bahan kain atau menjadikan perangkat elektronik sebagai serat atau  bagian dari komposisi pembuatan kain . dengan melapisinya dengan komponen yang ringan , membuat gambar dapat ditampilkan pada kain .

Tim peneliti percaya bahwa penemuan itu dapat merevolusi pembuatan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk digunakan dalam berbagai aplikasi setiap hari , serta pemantauan kesehatan seperti detaka jantung dan tekanan darah dan diagnostic medis.

Penelitian ini merupakan kalobborasi internasional yang mencakup para ahli dari pusat untuk Graphene Science di Universitas Exeter , Universitas Aveiro dan Lisbon di Portugal , Centexbel di Belgia  dan penelitian ini telah di publikasikan di Flexible Elektronics.

Profesor Craciun , salah satu penulis penelitian ini mengatakan , bahwa untuk perangkat elektronik yang benar-benar dapat dipakai untuk dicapai , sangat penting bahwa komponen tersebut dapat dimasukkan dalam materi dan tidak hanyaa ditambahkan kedalamnya.

Dr Elias Torres Alonso , peneliti penelitian di graphenia dan mantan mahasiswa PhD di tim Profesor Craciun di Exeter menambahkan . Bahwa penelitian baru ini membuka pintu gerbang bagi testil cerdas untuk memainkan peran penting dalam begitu banyak bidang dalam waktu dekat .

Dengan menenun serat Graphene kedalam kain , kami telah menciptakan teknik baru untuk memasukkan atau mengintegrasikan elektronik kedalam tekstil .  Graphene adalah zat tertipis yang mampu menghantarkan listrik , sangat fleksibel yang merupakan salah satu bahan terkuat yang dikenal .

Para ilmuan , insinyur telah berlomba-lomba untuk menyesuaikan graphene untuk digunakan dalam perangkat ekeltronik untuk dapat dipakai dalam beberapa tahun terakhir . penelitian baru ini menggunakan serat polypropylene yang  biasanya digunakan dalam aplikasi komersial industri tekstil untuk melampirkan serat elektronik baru berbasis graphene untuk membuat sensor sentuh dan perangkat pemancar cahaya teknik baru yang berarti bahwa kain dapat menggabungkan tampilan yang benar-benar dapat dikenakan tanpa membutuhkan elektroda , kabel bahan tambahan .

 Profesor Saverio Russo , rekan penulis dari departemen Fisika Universitas Exeter , menmbahkan Penggabungkan perangkat elektronik pada kain adalah sesuatu yang telah berusaha diproduksi oleh para ilmuan selama beberapa tahun , dan merupakan kemajuan yang benar-benar mengubah permainana , Teknologi modern.

Dr ana Neve, rekan penulis dan juga dari Departemen teknik Exeter menamabahkan , bahwa kunci teknik baru ini adalah serat tekstil fleksibel , nyaman dan ringan dan cukup tahan lama untuk mengatasi tuntunan kehidupan modern .

pada tahun 2015 sebuah tim internasional , termasuk Prfesor Russo dan Dr Ana Neves dari Universitas Exeter , telah memelopori teknik baru untuk menanamkan elektroda graphene transparan dan fleksibel kedalam serat yang umumnya terkait dengan industry tekstil .


Journal Reference :
1. Elias Torres Alonso, Daniela P. Rodrigues, Mukond Khetani, Dong-Wook Shin, Adolfo De Sanctis, Hugo Joulie, Isabel de Schrijver, Anna Baldycheva, Helena Alves, Ana I. S. Neves, Saverio Russo, Monica F. Craciun. Graphene electronic fibres with touch-sensing and light-emitting functionalities for smart textiles . npj Flexible Electronics, 2018; 2 (1) DOI: 10.1038/s41528-018-0040-2

Source : dailyscience

0 Response to "Tekstil cerdas (smart textiles) dengan serat elektronik berbahan Graphene"

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel