Saturday, December 22, 2018

Perilaku burung kolibri , Hummingbirds

Beberapa hewan diketahui memiliki perilaku unik dimasa perkawinan mereka , dimana pejantan melakukan pertunjukan yang menggoda untu mendapat perhatian betina . siapa yang tidak mengenal candrawasih yang melakukan kompetisi perkawinan , merak yang menggerak-gerakkan bulu ekornya untuk mendapat perhatian betina .

Tidak terkecuali Hummingbirds diapun akan melakukan pertunjukan penyelaman spektakuler . Kolibri ekor lebar (Salasphorus platycerus) terbang hingga 100 kaki diudara sebelum kemudian menyapu kearah betina yang bertengger , kemudian naik lagi keudara kearah berlawanan dan menyapu kembali sang betina .


       Klasifikasi Kolibri Ekor Lebar  (wikipedia)
  • Kingdom:        Animalia
  • Phylum:           Chordata
  • Class:              Aves
  • Order:              Apodiformes
  • Family:           Trochilidae
  • Genus:             Selasphorus
  • Species:           S. platycercus


Di Laboratorium biologi Rocky Mountain di Gothic , Colorado , rumah bagi populasi pengembangbiakan burung laut berekor lebar , para peneliti dari universitas Pricenton telah menyelidiki bagaimana kolibri memadukan kecepatan suara dan warna dalam tampilan mereka . penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Nature Communications  18 desember 2018.

Menurut Benedict Hogan, seorang rekanan penelitian postdoctoral dibidang ekologi dan biologi evolusi dan penulis utama studi tersebut . “ penyelaman ini benar-benar luar biasa untuk burung kecil seperti itu “.

Penyelaman yang dimaksud adalah terbang tinggi kemudian menyapu kebawah , kemudian naik lagi keudara diarah yang berlawanan kemudian menyapu lagi  seperti "U".

Dari penelitian sebelumnya para peneliti menetahui bahwa bagaimana kolibri jantan dapat memperoleh kecepatan tinggi  dan menggabungkan kecepatan dengan suara-suara menarik yang dihasilkan oleh sayap dan bulu ekor mereka dan tentu saja dengan bulu warna-warni mereka yang cerah . Namun peneliti merasa penasaran bagaimana komponen komponen terebut (kecepaan , suara , perubahan warna bulu ) begitu sangat serasi dan cocok ? kemudian melihat tingkah lakunya terlihat seperti perempuan ?

Untuk mengeksplorasi hal ini , Hogan dan Marry caswell Stoddard , asisten professor ekologi dan biologi evolusi dan penulis senior studi tersebut , membuat rekaman dan audio dari 48 penyelaman yang dilakukan oleh burung kolibri jantan liar . mereka kemudian menggunakan perangkat lunak untuk pelacakan gambar untuk memperkirakan lintasan dan kecepatan setiap pejantan sepanjang . dengan menggabungkan perkiraan ini dengan data audio , para peneliti mengukur waktu yang tepat dimana kolibri jantan menghasilkan “buzz” suara mekanis dengan bulu ekor mereka.

Untuk mangalisis informasi tentang warna bulu warna-warni mereka yang sulit diambil dari rekaman video tim menuju museum sejarah alam amerika di new York city . menggunakan teknik pencitraan multiangle dan kamera ultraviolet-sensitif . mereka memotret specimen burung kolibri yang berekor lebar .    

Hummingbirds adalah tetrachromatic yaitu mata dengan empat warna  salah satunya sensitive terhadap panjang gelombang ultraviolet . sehingga dengan menggabungkan foto-foto dengan model visi warna hummingbirds dan rincian jalur penerbangan berbentuk U , para peneliti dapat memperkirakan ‘’pandangan burung-burung’’ betina dari bulu tenggorokan iridescent laki-laki . dengan menyatukan semuanya , Hogan dan Stoddard mengungkap bagaimana peristiwa-peristiwa dalam burung kolibri terungkap .

“kami menemukan aspek yang paling dramatis yang paling dramatis dari proses menyalam dengan kecepatan tinggi , dengungan mekanik dan perubahan warna-warni yanag cepat terjadi hampir sekaligus , tepat sebelum pejantan meleset melewati betina , kata Stoddard .

Pertama , pejantan memulai Buzz atau suara mekanik yang dihasilkan oleh ekor . kemudian bulu tenggorokan merahnya yang terang menjadi terlihat  kolibri betina dan dengan cepat tampak berubah menjadi hitam . selama waktu ini , pejantan mencapai kecepatan horizontal . karena kecepatan yang tinggi  para peneliti memperkirakan bahwa kolibri betina akan merasakan pergeseran keatas dan kebawah saat ia mendekat dan pergi . ini karena efek Doppler  fenomena yang sama yang dapat dirasakan ketika sebuah mobil melewati anda , kata Hogan .

Journal Reference :
1. Benedict G. Hogan, Mary Caswell Stoddard.
Synchronization of speed, sound and iridescent color in a hummingbird aerial courtship dive . Nature Communications, 2018; 9 (1) DOI: 10.1038/s41467-018-07562-7

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun