Saturday, December 8, 2018

Peneliti menemukan cara untuk membuhunuh semua jenis sel kanker

Dikutif dari IFLsciene Mungkin ini adalah penemuan final dalam pencarian dan pemecahan kode teka-teki kanker . dimana kemudian mereka menemukan suatu system untuk membuat sel – sel kanker tersebut bunuh diri .


Setelah delapan tahun menghabiskan waktu untuk menganalisis genom manusia dan molekul pengaturnya , tim peneliti dari Northwestern University berhasil menemukan jalur yang menghancurkan diri sendiri yang dapat digunakan untuk menghancurkan semua jenis sel kanker.
Mekanisme ini melibatkan penciptaan molekul RNA kecil (siRNAs) yang menggangu beberapa gen penting untuk proliferasi sel-sel ganas yang tumbuh lebih cepat dan memiliki sedikit efek pada sel sehat yang normal .

Melalui wawasan yang diperoleh dari dua penelitian terbaru , pemimpin penelitian Mrcus peter dan rekan-ekannya telah mengkatarisasi riam fatal dari peristiwa-peristiwa yang memicu molekul siRNAs – disulihakan DISE, untuk Death With Induced Survival Gene Elimination dan mengidentifikasi sekuens enam nukleotida panjang yang dibutuhkan .

Ketika memerikasa urutan nukleotida dari banyak nonkode ( yang tidak diterjemahkan kedalam protein), molekul RNA yang diperoduksi oleh tubuh kita secara selektif menghambat ekspresi gen , mereka menemukan bahwa sekuen terkait-DISE hadir disalah satu ujung tumor yang menekan untaian RNA . Investigasi lain mengungkap bahwa sekuens juga ditemukan tertanam dalam urutan pengkodean protein diseluruh genom .

“kami pikir ini adalah cara bagaimana organisme multiseluler menghilangkan kenker sebelum mengembangkan sistem kekebalan adaptif ‘’  kata peter. 

Itu bisa menjadi gagal-aman yang memaksa sel-sel jahat melakukan bunuh diri . kami percaya itu aktif disetiap sel yang melindungi kita dari kanker . Tetap mereka masih perlu menentukan bagaiamna tubuh menghasilkan siRNA gratis yang dapat memicu DISE .

Trobosan ini datang dalam studi baru lainnya, yang diterbitkan di eLife , dimana peter dan timnya mengamati proses dimana sel-sel kita memotong untaian RNA yang lebih besar – bahwa kode untuk protein siklus kematian sel yang disebut CD95L – menjadi siRNA ganda .

Dalam serangkaian percobaan  mereka kemudian menunjukan bahwa mesin seluler yang sama dapat digunakan untuk mengkonversi RNA pengkodean protein besar lainnya kedalam DISE siRNA. Dan  Luar biasa mereka menemukan bahwa sekitar 3 persen dari semua RNA pengkodean dalam genom kami dapat melayani tujuan ini berkat distribusi luas dari urutan kill-switch kami .

Sekarang kita tahu kode membunuh , kita dapat memicu mekanisme tanpa harus menggunakan kemoterapi dan tanpa mengacaukan genom , kata peter.

Dia mencatat bahwa bahwa obat generasi berikutnya dan pendekatan terapi gen gen yang muncul akan gagal untuk mengobati kanker agresif seperti prankeas , paru-paru , otak dan jenis ovarium karena mereka menargetkan aktivitas hanya satu gen pada satu waktu , namun penyakit tersebut didorong oleh beberapa gen .

Jalur DISE  disisi lain membunuh sel kanker dalam serangan yang berutal dan serentak . “ini seperti melakukan bunuh diri dengan menikam diri sendiri , menembak diri sendiri  atau seperti  melompat dari gedung paa saat yang bersamaan , ungkap peter.

Semua penelitian yang dilakukan sejauh ini menunjukan bahwa sel-sel kanker tidak dapat memperoleh resistensi terhadap DISE. Dalam sebuah studi bukti-konsep yang dipublikasikan di Oncotarget tahun lalu  tim Nortwestern yang produktif menggunakan nanopartikel untuk mengantarkan siRNA ke sel-sel tumor ovarium manusia yang telah ditanamkan pada tikus . hasilnya perlakuan ini menghasilkan pengurangan besar dalam pertumbuhan tumor tanpa efek samping yang berbahaya.


Peter mngatakan  bahwa berdasarkan apa yang telah kita pelajari dalam beberapa studi , sekarang kita dapat merancang microRNA buatan yang jauh lebih kuat dalam membunuh sel-sel kanker daripada yang dikembangkan oleh alam . 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun