Wednesday, December 5, 2018

Nanomatrial Perak sebagai detector biomolekul hingga konversi energy matahari

Para peneliti dari Universitas Desain dan Teknologi Singapure , telah berhasil merekayasa nanomatrial murah yang dapat digunakan dalam bidang Biomolekul  hingga sel surya .



Kunci dari kegunaan matrial ini adalah struktur Nano yang dapat berintraksi dengan cahaya tampak dan inframerah . Nanomatrial ini juga mudah dilapisi oleh bahan lain seperti Plastik sehingga memberi mereka banyak fungsi baru . Nanomatrial dapat digunakan untuk meningkatkan sel surya karena sangat menyerap cahaya dan sebagai tambahan strukturnya dapat direkayasa untuk mendeteksi jejak biomolekul secara optic.

Bahan pembuat Nanomatial ini 1000 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia . pembuatannya tidak seperti metode lain yang digunakan untuk struktur Nano , Metode fabrikasi untuk nanomatrial ini tidak memerlukan asam dan dilakukan pada suhu kamar . sehingga kegunaannya dapat diaplikasi keberbagai substrat termasuk plastic fleksibel. 

Menurut Profesor Robert Simpson , Nanomatrial ini dapat disimpan pada suhu kamar pada berbagai substrat tanpa pola dan asam . dan hal ini merupakan langkah besar membuat bahan industry yang lebih relevan .

Uji coba materil ini dilakukan dengan pengukuran penyerapan matahari bekerjasama dengan universitas universitas sains dan teknologi Dalian  yang diterbitkan dalam Nanoenergy . sementara pengukuran biomolekul dipubilkasikan di ACS Applied Matrials & Interfaces .


Journal Reference :
1. Weiling Dong, Tun Cao, Kuan Liu, Robert E. Simpson.
Flexible omnidirectional and polarisation-insensitive broadband plasmon-enhanced absorber . Nano Energy, 2018; 54: 272 DOI: 10.1016/j.nanoen.2018.10.012

Source: Dailyscience
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun