Tuesday, December 4, 2018

Membuat Pelastik dari Karbondioksida (CO2)



Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Energy & Environmental Science .  Para peneliti dari Rutgers University new Brunswick telah mengembangkan katalis yang dapat mengubah karbondioksida(CO2) menjadi plastic , kain , resin dan produk lainnya .

Elektrokatalis adalah bahan pertama selain enzim , yang dapat mengubah karbondioksida dan air menjadi strktur blok Carbondioksida mengandung satu sampai empat atom karbon atau struktur rantai karbon yang lebih panjang , menjadi bahan polimer yang 99% lebih efisiensi . Penemuan ini didasarkan pada prinsif Fotsintesis buatan , sebagaimana yang dirinci dalam jurnal energy dan lingkungan.

Dua senyawa yang dibuat , methylglyoxal (C3) dan 2,3-furandiol (C4) dapat digunakan sebagai bahan dasar atau precursor untuk pembuatan plastic , perekat , dan obat-obatan . sehingga Formaldehia yang banyak digunakan dibidang Farmasi dapat digantikan oleh methylglyoxal yang lebih aman . 
.
Carles Dismukes , professor di departemen kimia dan biokimia serta mikrobiologi di Rutgers University new Brunswick juga  Merupakan peneliti utama di institute mikrobiologi waksman di Rutgers.  Mengatakan bahwa , terobosan kami tersebut dapat mengarah pada konversi karbondioksida menjadi produk berharga dan bahan baku dalam industry kimia dan farmasi .

Penelitian sebelumnya ilmuan menunujukan bahwa karbondioksida dapat diubah secara elektrokimia menjadi methanol , etanol, metana dan etilena dengan hasil yang relative tinggi . Namun produksi tersebut dianggap tidak efisien dan biayanya terlalum mahal untuk dibuat secara komersial .

Menurut Karin Calvinho , Penulis utama yang merupakan seorang mahasiswa doctor kimia . dengan menggunakan lima katalis yang terbuat dari Nikel dan Fosofor yang keberadaanya murah dan melimpah dan dengan metode elktrokimia peneliti dapat mengubah karbondioksida dan air menjadi beragam produk berbasis karbon .



Pemilihan katalis dan kondisi lain menentukan berapa banyak atom karbon dapat dijahit bersama untuk membuat molekul senyawa polimer dengan rantai yang lebih panjang . secara umum , semakin panjang rantai karbon , semakin berharga produk tersebut . 

Langkah selanjutnya adalah mempelajari lebih lanjut tentang reaksi kimia yang mendasarinya sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan produk berharga lainnya seperti “diol” , yang banyak digunakan dalam industry polimer . atau hidrokarbon yang dapat digunakan sebagai bahan bakar terbarukan . 

Para peneliti sedang merancang , membangun dan menguji elektroliser untuk penggunaan komersial . 
Para peneliti telah mendapatkan paten untuk electrocatalysts dalam bentuk RenewCO2 , dibawah perusahaan start-up .


Sc.sciencealert 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun