Burung terlangka di dunia , Stresemann's Bristlefronts.

Burung terlangka di dunia , Stresemann's Bristlefronts.
Stresemann's Bristlefronts (Merulaxis stresemanni) adalah burung terlangka didunia , yang diperkirakan menghilang dari bumi 50 tahun yang lalu yang disebabkan tidak mampu beradaptasi seiring semakin menipisnya hutan hujan .

Klasifikasi Stresemann's Bristlefronts (Merulaxis stresemanni)
  • Kingdom:        Animalia
  • Phylum:          Chordata
  • Class:             Aves
  • Order:             Passeriformes
  • Family:           Rhinocryptidae
  • Genus:            Merulaxis
  • Species:          M. stresemanni

Foto Stresemann's Bristlefront dari beberapa tahun yang lalu. (Ciro Albano /ABC)

Ciri – ciri burung Stresemann's Bristlefronts:
  • Tidak terlalu mencolok,
  • Berukuran sedang  tidak besar.
  • Berekor panjang
  • Dengan bulu khas di dahinya .
  • Penampilannya yang menarik,
  • Burung ini juga memiliki lagu yang istimewa - yang terdengar berbeda dari spesies saudaranya, Slaty Bristlefront (Merulaxis ater).


Hanya ditemukan di daerah kecil di bagian timur Brasil, Stresemann's Bristlefronts (Merulaxis stresemanni) pertama kali dicatat pada tahun 1830-an. Namun masih dianggap sulit untuk dipahami kehidupannya. Baru pada pertengahan abad ke-20 spesimen lain dikumpulkan. Spesies ini mendapatkan namanya berkat ahli ornitologi Jerman-Brasil Helmut Sick, yang mencatat bulu-bulu khas burung itu dan nama gurunya Erwin Stresemann.

Namun, sebuah nama tidak cukup untuk menjaga burung itu berada di pandangan kita. Ia menghilang selama 50 tahun sebelum ditemukan lagi pada tahun 1995 -  memberi kita gambaran betapa jarangnya kesempatan untuk melihat makhluk ini.

Harapan baru , salah satu burung paling terancam dan langka di planet ini akhirnya terlihat sekali lagi . Stresemann's Bristlefronts betina terlihat pada tanggal 12 dan 14 Desember 2018. Yang  kini memberi harapan para konservasionis bahwa belum terlambat untuk menyelamatkan burung itu dari kepunahan total. disebabkan habitat hutan hujan yang menyusut dengan cepat dan mengancam populasinya hingga nol.

Sekarang upaya konservasi difokuskan pada wilayah timur laut Minas Gerais, di mana diharapkan populasi kecil dapat tetap hidup dan dibiarkan berkembang.

"Meskipun kami merasa lega bahwa Stresemann's Bristlefront terus bertahan, masa depan spesies ini tetap berbahaya," kata salah satu tim konservasi, Amy Upgren dari  Konservasi Burung Amerika atau American Bird Conservancy (ABC). "Banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menemukan individu tambahan dan melindungi habitatnya." Tambahnya.

Suara burung terlangka Bristlefront Stresemann didunia 
terdengar menghantui menghantui, video oleh ciro Albino.

Akan tragis jika semua jejak Bristlefront Stresemann hilang selamanya, sehingga ABC bekerjasama dengan organisasi mitranya Fundação Biodiversitas di Brasil untuk menemukan lebih banyak burung di alam liar. Upaya ini dikonsentrasikan pada Cagar Alam Mata do Passarinho atau Hutan Songbird, area seluas sekitar 2.352 hektar (952 hektar) yang disisihkan untuk konservasi spesies.

Di sisi lain Dengan penelitian baru-baru ini juga menekankan betapa gentingnya keadaan hutan hujan Amerika Selatan, penting bahwa program seperti yang berharap untuk menyelamatkan Stresemann's Bristlefront tetap di tempatnya. Kebakaran dan perubahan iklim telah menambah efek penggundulan hutan untuk membuat situasi burung begitu kritis.

"Kami berharap bahwa jika kami dapat menemukan lebih banyak burung dan mengambil tindakan signifikan dengan cepat, populasi bristlefront ini juga dapat tumbuh." ABC.


0 Response to "Burung terlangka di dunia , Stresemann's Bristlefronts. "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel