Bagaimana manusia dapat mengatur keseimbangan tubuhnya?

Bagaimana manusia dapat mengatur keseimbangan tubuhnya?
Mungkin kita pernah bertanya , bagaimana seorang penari balet begitu hebat menyeimbangkan tubuhnya , bagaimana manusia dapat memetikkan senar gitar sesuai dengan note nada yang diinginkan . apakah kemampuan ini dimiliki oleh mahluk lain , seperti sinpanse atau lainnya? Serasa mungkin hanya aka nada dalam hayalan sekanrio hebat kita bisa melihat bahkan sekedar membayangkan bagaimana seekor monyet memetikkan gitar , atau seekor tupai melakukan tari balet exotis .

Mungkin inilah yang akan menjadi salah satu fitur unik , atau sebuah system syaraf yang memainkan peran penting  motorik halus yang hanya dimiliki manusia , Bebarapa waktu yang lalu ahli neurologi dari Neuroscience Research Australia (NeuRA)  menemukan system syaraf baru yang dinamakan Nukleus endorestiform , karena berada didalam (endo) cerebellar peduncle inferior , juga disebut tubuh rileks) . ditemukan didasar otak dekta sumsum tulang belakang .



Area ini terlibat dalam menerima informasi sensorik dan motorik dari tubuh kita untuk memperbaiki postur , keseimbangan , dan gerakan kita. Menurut beberapa Ilmuan lainnya , Nukleus endorestiform merupakan sekelompok neuron , seperti sebuah pulau dalam otak .
Paxinos peneliti utama sebenarnya telah mengetahuinya sejak beberapa decade , yaitu dalam prosedur yang disebut cordotomy anteroleteral terapi-operasi untuk mencapai bantuan dari rasa sakit yang ekstrem dan tak tersembuhkan dengan memotong jalur tulang belakang , ia dan rekan-rekannya memperhatikan bahwa serat panjang dari tulang belakang tampaknya berakhir disekitar tempat nucleus endorestiform ditemukan .

George Pixonis mencurigai bahwa system syaraf ini terlibat dalam pengendalian motorik halus , didukung oleh fakta bahwa struktur ini belum pernah diidentifikasi pada hewan lain termasuk marmoset atau monyet rhesus yang umunya dijadikan bahan penelitian .

Paxinos mengatakan , bahwa ia tidak dapat membayangkan bagaimana seekor simpanse bermain gitar dengan cekatan seperti manusia bahkan jika mereka menyukai music . sehingga pixonis berpendapat bahwa system syaraf endorestifom ini hanya dimiliki oleh manusia .


Manusia memiliki otak setidaknya dua kali lebih besar dari simpanse 1.300gr berbanding 600 grm . 20 % jalur syaraf manusia memiliki fungsi membuat kontak langsung dengan neuron motorik , sedangkan pada primate lain hanya 5% . Jadi menurut peneliti , Nukleus Endorestiform menjadi salah satu fitur unikk yang dimiliki manusia . 

Sc.dailyscience

0 Response to "Bagaimana manusia dapat mengatur keseimbangan tubuhnya? "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel