Friday, November 16, 2018

Suara Rintik Hujan ,Terapi dan Ide Dekorasi Rumah yang Tenang ala Sains



Pernahkah anda merasa bahwa hujan membuat tidurmu terasa nyenyak?  Bukan tanpa alasan bahwa suara dari rintik air hujan yang berpola konsisten memang menghadirkan  suasana yang menenangkan . Seorang Psikolog , emily mendez. mengatakan bahwa hujan memiliki pola yang mudah diperediksi , otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang .

Suara dari rintik hujan  memiliki ritme dan efek yang sama dengan suara berisik yaitu membuat pikiran menjadi netral , namun suara hujan cenderung  memberi efek menenangkan . Dan dengan ritme  suara – suara tetesan rintik hujan  tersebut tanpa disadari otak menjadi terfokus pada suara tersebut dan suara lain akan teralihkan . Terlebih jika sesorang menyukai hujan , hal itu akan membawa efek posistif  berupa menetralkan perasaan mereka sehingga ia merasa berdamai terhadap masalahnya .

Inilah alasan mengapa suara hujan sering dijadikan sebagai alat relaksasi – meditasi . bahkan ada perusahaan yang menghadirkan inovasi untuk terapi tidur dengan suara yang dimodifikasi menyerupai pola suara hujan . sehingga bagi sesorang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia ,d isarankan untuk mendengar suara rintikan hujan .

Team sains pedia , memiliki ide inovasi baru yaitu  suatu alat dengan ritme suara hujan . yang dapat dijadikan sebagai terapi bagi pengidap gangguan tidur seperti  insomnia , Dimana alat tersebut akan menyesuaikan keadaan penggunanya . dari suara keras hingga pada level terendah berupa tetesan air yang lemah lambat . Hal ini juga mungkin dapat dihubungkan dengan tekanan darah atau keadaan biologis pengguna lainnya yang memiliki hubungan dengan aktivitas tidur  pengguna , sehingga suara diperlambat secara otomatis seiring pengguna terlelap tidur .

Saat ini dengan kemampuan arsitektur yang dicapai manusia , sepertinya sangat mudah untuk menghadirkan  sebuah hujan buatan , atau hanya sebuah gambar visual hujan dengan suara alaminya didalam sebuah bangunan atau rumah untuk mendapat suasana ketenangan didalam ruang .

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun