Sunday, November 18, 2018

Rusa Air , Mamalia – Herbivora yang Bertaring


Sebagai hewan pemakan tumbuhan (Herbivora) atau mamalia , bertaring adalah sesuatu yang aneh . biasanya hewan-hewan mamalia memiliki bentuk pertahan diri seperti tanduk  , cula ata gading untung melindung diri dari musuhnya . Namun tidak dengan Salah satu jenis rusa yang dikelompokkan kedalam  Artiodactyla hewan mamalia yang terdiri kurang lbih 220 spesies , yaitu Rusa Air yang memiliki taring .

Karena memiliki taring yang panjang , Rusa air ini dijuluki sebagai Rusa vampire . untuk mengetahaui hal ini para peneliti melakukan perbandingan habitat dengan perilaku dari 63 spesies , termasuk kelompok artiodactyls yang hidup kecuali kuda nil da paus .  yang paling masuk akal adalah perbandingan perilaku hidup hewan kecil seperti kancil tikus jawa yang berukuran besar yang hidup disemak –semak yang padat . sehingga cara mereka bertahan hidup adalah dengan membuat terowongan dari semak semak pada tersebut menggunakan giginya .



Sehingga asumsi awal Rusa air tersebut memiliki kemiripan dengan kancil tikus , dengan taringnya yang tajam sangat efektif  hidup di semak-semak yang tebal . selain itu , taring yang tajam seperti belati tersbut menjadi senjata perlindungan diri



Source  : Inside Science

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun