Kesemutan , apakah harus diabaikan ?

Kesemutan ,  apakah harus diabaikan ?
Kesemutan dalam istilah medisnya disebut paresthesia , yaitu ketika anggota tubuh kita seprti mati rasa , berat , gatal , tersengat listrik tanpa alasan yang jelas . Hal ini terjadi karena secara tidak sengaja menekan saraf atau terlalu lama berada pada posisi yang memberi beban tekanan  pada otot tubuh, sirkulasi yang buruk  . Namun , akan hilang ketika kita mengubah posisi atau menggerak-gerakan tubuh .

Umumnya kesemutan brsifat sementara dan ketika gejala kesemutan menetap hal ini bukan lagi kesemutan biasa namun Paresthesia kronis  dan harus dilakukan perawatan dokter . Paresthesia kronis dengan indikasi kesemutan menetap ini kemungkinan merupakan  tanda kerusakan saraf  . dikutip dari Healtline , salah satu jenis kerusakan saraf yaitu :

Rradiculopathy adalah suatu kondisi dimana akar saraf terkompresi , iritasi atau meradang , ini terjadi ketika kita memiliki “Herniated disk” yang menekan saluran saraf  yang menuju tulang belakang dan mempengaruhi punggung bagian bawah atau yang disebut radiculopati  lumbar yang mengakibatkan paresthesia atau kesemutan dikaki .  dalam kasus yang parah , kompresi saraf siatik dapat terjadi yang mengakibatkan kelamahan pada kaki kita . Saraf siatik adalah saraf besar yang dimuali dari sum-sum tulang belakang bawah anda . Rdiculopathi serviks melibatkan saraf yang memberikan sensasi dan kekuatan pada lengan . jika memiliki radiculopathi serviks dapat membuat nyeri leher kronis paresthesia.



Menurut , Adam seorang dosen di lancaster  University . Dalam artikel berjudul “ why me shouln’t always Ignore the feeling of pins and Needls “   Kesemutan merupakan sinyal atau sebuah tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan zat atau sesuatu yang salah sehingga harus segera ditangani , menurutnya kesemutan juga dapat terjadi  pada bibir yang  menandakan adanya alergi atau sebuah awal gejala strok.

Sehingga kesemutan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor , dari faktor kronis hingga faktor sederhana.  Kesemutan bisa  terjadi karena salah memilih pakaian . misalnya pakaian yang terlalu ketat , menyebabkan kesemutan dibagian paha . Kesemutan bisa muncul karena tuntutan pekerjaan dan gaya hidup . misal carpal turnel syndrome (CTS) .

CTS  terjadi karena  saraf median mendapat tekanan dari tendon yang mengalami peradangan . orang- oran yang bekerja  dengan peralatan bergetar punya resiko terkena CTR , misalnya alat Bor , pengayak pasir , mesin jahit manual . Meski gejala  CTR bersifat sementara  , namun sebisa mungkin untuk menghindari hal yang membuat gejala tersebut muncul . dalam kasus yang parah , penderita CTR membuthkan operasi untuk dapat disembuhkan .

0 Response to "Kesemutan , apakah harus diabaikan ?"

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel