Tuesday, November 6, 2018

Interstitium , Artikel Lengkap

Tubuh manusia terdiri dari 60% air yang sebagian besarnya berada dalam sel dan sekitar 20% berada diluar sel yang dikenal sebagai cairan interstitial . dan cairan interstitial tersebut disebarkan melalui sebuah ruang yang disebut interstitium.

Interstitium adalah  Sebuah organ tubuh berupa ruang  yang berisi cairan interstitial dan berfungsi sebagai jalan cairan tersebut menyebar ke beberapa  jaringan tubuh . dengan fungsinya sebagai penghubung , Interstitium  berada hampir disemua jaringan tubuh .

Para peneliti mengklaim bahwa ruang yang dipenuhi cairan interstitial  dalam jaringan yang terhubung keseluruh tubuh harus dianggap sebagai organ . studi ini mengatakan bahwa organ ini sebagai tempat getah bening berasal .

Interstitium: Makroskopik , ruang luas , berisi cairan , penghubung cairan antar jaringan ,jalan raya.




Metode-History penemuan 

Mengapa ruang interstitium ini baru ditemukan? , hal ini terajadi karena prosedur pengamatan sampel tubuh dibawah mikroskop medis  harus menghilangkan cairan yang membuat organ ini akhirnya rusak atau mungkin saja seperti sebuah selang air yang sangat lunak sehingga ketika tidak terdapat air dalam ruya maka selang tersebut menyatu , menempel dan terlihat padat , selama bertahun-tahun sejak mikroskop ditemukan .

Interstitium ini sudah diduga sejak lama , bagaimana cairan bisa saling terhubungan ke bebrapa jaringan padahal tubuh mengandung 20% cairan interstitial yaitu cairan lepas yang  tidak terkandung dalam sel . Awalnya intristitium bahkan dikatakan sebagai jaringan padat , karena penelitian sampel beberapa decade dibawah mikroskop medis  dengan system dimana cairan sampel dikeluarkan , dikeruk atau  alat atau metode irisan yang tidak sempurna Kantong berisi cairan menjadi  bocor dan roboh ketika dilepaskan atau diawetkan

Awal penemuan ruang interstitium ini bermula pada tahun 2015 ketika Dr. david Carr-locke dan  Dr Petros benias dari Mount Sinai Israel Medical Center . menyelidiki saluran empedu pasien untuk mencari tanda - tanda kanker . dan ia menemukan lubang atau ruang yang tidak sesuai dengan anatomi standar tubuh manusia yang telah dibuat  , lalu Dr.Petros  meminta bantuan kepada ahli patologi universitas New York ,Dr Neil Theise  .

Dengan  menggunakn teknik baru yang melibatkan kamera endoskopi , laser dan pewarna fluorescent, Endomicroscopy lase berbasis probe (pCLE)  .  Peneliti berhasil menemukannya  dan Interstitium di terbitkan dalam jurnal scientific reports .  Awalnya organ ini hampir tidak diketahau keberadaannya , namun melihat bagaimana organ ini bekerja bisa jadi salah satu organ terbesar manusia .


Fungsi Interstitium

  • saluran Getah bening: cairan yang dibutuhkan sel-sel kekebalan tubuh untuk berfungsi dengan baik . getah bening adalah cairan yang mengandung sel darah putih yang melawan infeksi (sel T) . menjadi

  • Selain ikut sebagai lapisan beberapa organ lainnya , interstitium juga membantu mengankut sel darah putih , molekul yang digunakan utk memberikan sinyal dan lain-lain . 
  • Ini menjadi kemajuan baru dalam upaya mendeteksi sejauh mana penyebaran penyakit menyebar keseluruh tubuh . 

  • Temuan ini memeiliki potensi mendorong kemajuan dalam bidang kedoteran , pengambilan cairan interstitial juga dapat menjadi alat diagnostic yang kuat . kata Dr Thise . 
  • Penyebaran obat , atau penghambatan cairan interstitial sebagai upaya penyembuhan penyakit . 
  • Interstitium dapat bertindak sebagai peredam akut untuk melindungi jaringan selama berfungsi sehari-hari 


Tempat Interstitium didalami tubuh
           Ruang interstitium ini ditemukan dibawah kulit , melapisi usus , paru-paru , pembuluh darah dan otot , yang menyatu membentuk jaringan yang didukung oleh jaringan protein yang kuat dan fleksibel .



Refrensi:

Bustle.com
Independent .co.uk 
Webmd.com
Discovermagazine.com
Livescience.com

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun