Saturday, November 24, 2018

Fakta Lidah dan Liur kucing

Kucing salah satu hewan yang seperempat dari hidupnya untuk membersihkan diri , menjaga tubuh dari kelembaban , menghilangkan kutu dan kotoran .



Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa lidah kucing memiliki 300 buah duri mengerucut yang disebut filiform papillae yang dilapisi air liur untuk membersihkan bulunya.

Namun penelitian terbaru  sebagaimana yang dipublikasikan dalam jurnal proceeding national academy of science . dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan merekam lidah kucing saat bereaksi dan juga meneliti lidah kucing yang sudah mati untuk mencoba mengungkap rahasia lidah kucing . Hasilnya,  struktur lidah kucing ternyata berbentuk cekungan “U” atau ‘’setengah pipa yang berongga diujungnya atau cakar yang mengait dan terbuat dari keratin.

Kait kait dari lidah kucing tersebut pada keadaan normalnya datar kebelakang, namun saat bereaksi akan muncl berdiri seketika otot lidah berkedut.

Alexis Noel ketua penelitan tersebug, menjelaskan mekanisme kerjanya  seperti sebuah sedotan kopi  , ketika dimasukkan dalam cairan kopi , air  naik melewati rongga kecil sedotan atau duri lidah kucing tersebut juga berfungsi mendistribusikan air dari rongga tersebut . sehingga kucing mampu menembus  bulu hingga kulit dengan air liurnya . (AFP)

Rongga pada lidah kucing tersebut "U" diuji dengan setetes zat pewarna pada papila lidah kucing yang telah mati,  dan kait kait tersebut menyerap zat cair tersebut,  sehingga menambah alasan mengapa cairan ludah kucing tersebut bisa sampai ke kulit tubuh kucing.

Papila adalah tonjolan - tonjolan kecil yang tersebar dipermukaan lidah. Kucing rumahan mengandung 300 Papila,  yang akan mengeluarkan cairan ketika bersentuhan dengan bulu.

Air liur yang tersimpan dalam papila tersebut mengandung enzim yang dapat melarutkan darah dan zat kontaminasi,  ketika air liur menguap juga memberikan sensasi mendinginkan kulit,  tulis tim peneliti.




Penemuan tersebut didapatkan peneliti setelah meneliti 6 jenis kucing , mulai kucing domestic atau rumahan , singa dan harimau

Lidah kucing bisa sangat membantu dalam pengembangan teknologi pembersih  karpet  , sehingga pendistribusian cairan pembersih jauh lebih mudah masuk kedalam karpet . juga menyebutkan bahwa , lidah kucing seperti sikat yang futuristic . ungkap Alexis noel  Peneliti dari George Tech Research  Institute.

Bahkan dilaporkan (IFL Science)  tim peneliti sudah membuat sisir berdasarkan ide dari struktur lidah kucing, dengan nama produk Tongue Inspired Grooming (TIGR) yang diketahui lebih efektif dibanding sisir biasa.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun