Bagaimana Proses Mengingat dan Melupakan terjadi?

Bagaimana Proses Mengingat dan Melupakan terjadi?
Saintis!  Mungkin ini akan menjawab sebuah alasan, mengapa ketika kita memiliki teman baru , teman lama terasa menghilang dari ingatan, saat kita menghapal lirik baru ingatan lirik lama seakan memudar tak lagi penting.



Bagaimana proses mengingat dan melupakan terjadi secara bersamaan . sebuah tim di Scripps Research telah menunjukan untuk pertama kalinya mekanisme fisiologis dimana memori terbentuk dan kemudian dilupakan .

Sebuah studi yang dipublikasikan di Cell Reports . Penelitian yang dilakukan pada lalat buah , melihat perubahan sinaptik yang terjadi selama belajar dan melupakan . para peneliti menemukan bahwa satu neuron dopamine dapat mendorong proses belajar dan melupakan .

Jacob Berry,PhD. Seorang rekanan pascadoktoral di Departemen Neuroscience dikampus Scripps Research Florida . mengatakan bahwa , kami percaya bahwa system ini dibentuk untuk menghapus ingatan yang tidak penting dan tidak harus bertahan lama . dan hal ini dilakukan oleh neuron yang sama.

Pengujian pada lalat untuk mempelajari lalat dengan cara memberikan bau tertentu disertai dengan  sengatan listrik . setelah mereka dilatih atau mengenal bau tersebut bersama sengatan listrik , para peneliti mengamati bahwa lalat menghindari bau tersebut , yang menegaskan bahwa memori telah dibuat .

Dengan memantau aktivitas neurn diotak sebelum dan sesudah percobaan , para ilmuan melihat dasar-dasar pembentukan ingatan . dalam penelitain sebelumnya oleh tim Scripps Research menunjukan bahwa ada sirkuit dopaminergik spesifik yang terlibat dalam pembentukan memori dan penghilangan ingatan . dan pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pencitraan untuk melihat proses secara lebih rinci .

Mereka menemukan bahwa ketika memori prilaku terdegradasi , perubahan sel yang dibuat selama proses pembelajaran dibalik oleh neuron dopamin yang sama yang membantu membentuk perubahan di tempat pertama . Para peneliti juga menemukan  bahwa ketika neuron dopamine ini direkrut untuk membentuk memori baru ia juga berfungsi untuk menurunkan memori yang lebih tua .

“Setiap kali anda belajar sesuatu yang baru , anda secara bersamaan memebentuk memori baru sementara berpotensi mengganggu dan menghapus memori lama , ini adalah tindakan menyeimbangkan sayng sangat penting mencegah anda kelebihan beban “ berry . ia juga mengatakan bahwa baru belakangan ini para ahli saraf memahami pentingnya melupakan yang aktif dan mulai mengungkap proses yang menyebabkan otak lupa . atau menjadi interferensi retroaktif pengamatan umum dalam psikologi . dimana gangguan retroaktif menggabarkan situasi yang baru mendapatkan cara untuk mencoba mengingat informasi yang lama .

Misal : memanggil mantan Bos anda dengan nama bos anda saat ini

Ron Davis, PhD seorang professor dan ketua Departemen Neuroscience di Scripps Research . mengatakan bahwa baru beberapa decadeini ahli saraf  mempelajari konsiladasi otak yaitu pembelajaran tentang bagaimana otak memperoleh informasi dan bagaimana informasi itu dibuat menjadi memori yang stabil .

Studi yang dipimpin oleh berry ini , meskipun dilakukan pada lalat buah berharap bahwa inipun berlaku pada organisme yang lebih tinggi seperti manusia . tidak hanya memberikan wawasan baru bagaimana mekanisme otak melupakan aktif tapi member contoh seberapa banyak kita belajar tentang fungsi otak dari hewan di labraturium seperti lalat buah Drosophila.
Penelitian ini mendorong menemukan implikasi sejumlah alasan , pada kondisi kecanduan narkoba , stress pasca trauma untuk mendorong mengembangkan pendekatan lupa aktif.  Meningkatkan retensi memori , membantu mengbati dimensis dan bentuk kehilangan memori lainnya .


Sc.dailyscience

0 Response to "Bagaimana Proses Mengingat dan Melupakan terjadi? "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel