Amankah Air Hujan Di Minum?

Amankah Air Hujan Di Minum?
Hujan merupakan siklus keberadaan air dibunuh, Proses hujan juga dapat dikatakan sebagai proses pemisahan dan pemurnian alami,  desalinasi alami dan lain-lain. meski demikian Hujan melalui proses yang sangat rentan dipengaruhi hal-hal lain yang membuat kemurniannyapun dapat terganggu.  Namun normalnya,  apakah hujan dapat digunakan sebagai air minum?  

Pixabay


Sebuah studi Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia , mereka melakukan penelitian dengan mengamati 300 rumah yang menggunakan air hujan sebagai sumber air utama yang dikumpulkan dalam sebuah tangki. Kemudian, setiap keluarga mencatat kondisi kesehatan mereka selama lebih dari setahun .

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat gastroenteritis atau flu perut-- yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu - -di keluarga tersebut sangat mirip dengan masyarakat yang minum dari air keran yang terawat. Artinya , mengonsumsi air hujan secara langsung cukup aman dari risiko penyakit.

Karin leder Kepala unit penyakit menular di Departemen Epidemiologi Monash University. mengatakan , orang yang minum air hujan secara langsung tidak menunjukan adanya efek peningkatan risiko penyakit dengan perbandingan yang sama dengan mereka yang meminum air hujan yang telah disaring .Dilansir dari Hello Sehat, air hujan memiliki sifat asam dengan pH rata-rata sekitar 5, 6. Dan itu tidak berbahaya.

Bahaya minum air hujan? 
Pada keadaan tertentu air hujan juga bukan merupakan hal baik . Perlu diingat untuk yang berada didaerah industri-pabrik, menggunakan air hujan bukanlah hal baik ,tidak disarankan karena udara disekitarnya telah terkontaminasi zat -zat kimia yang dapat ikut bereaksi dan terbawa sebagai hujan.  Terlebih industri industri besar yang melibatkan bahan-bahan kimia,  industri pabrik yang  menggunakan cerobong asap,  dapat berewok membawa zat radioaktif.  Salah satu contoh,  ledakan bom atom hiroshima-nagasaki setelah ledakan tersebut kemudian turun hujan yang membawa zat radioaktif kembali turun , dan tercatat kematian akibat radiasi tersebut sangatlah besar.

Hujan didaerah industri, tepatnya dpat menghasilkan hujan asam,  atau air hujan menjadi lebih asam sehingga akibatnya buruk bagi tubuh.  Bagi perabotan, besi pada kendaraan juga dapat menjadi berkarat.

Adapun didaerah yang aman dari lingkungan industri, perlu juga untuk mengambil air hujan ditempat yang bersih. dan sangat baik jika dilakukan penyaringan sebelum digunakan atau dimasak terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan tidak ada bakteri yang masuk.

0 Response to "Amankah Air Hujan Di Minum? "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel