solusi sains mengatasi kelangkaan air di kemarau panjang

solusi sains mengatasi kelangkaan air di kemarau panjang
Perubahan musim yang keluar dari waktu prediksi astronom . membuat banyak ilmuan memprediksikan hal yang lebih buruk bahwa tahun-tahun berikutnya mungkin saja bumi akan mengalami musim kemarau yang parah , akibatnya berpengaruh pada kelangsungan hidup semua mahluk hidup termasuk manusia .

Namun , Bumi adalah tempat penunjang kehidupan terbaik yang dimiliki mahluk hidup . bumi memiliki atmosfer yang baik , terdiri dari samudra yang luas bahkan volume air laut bumi dapat meningkat jika musim kemarau panjang terjadi . Lalu bagaimana Mahluk hidup dapat bertahan ?

Pixabay


Tiga bidang sains memberikan solusi cara mengatasi kekeringan atau kelangkaan air tawar, berikut penjelasannya

1. Bidang kimia

Bidang kimia melihat potensi bumi yang besar yaitu air laut , air yang pada umumnya tidak dapat digunakan oleh mahluk hidup didaratan karena memiliki kadar garam yang tinggi . kadar garam yang tinggi itulah yang jadi masalahnya , namun sejak 60-an tahun ada istilah yang diperkenalkan ilmuan tentang bagaimana cara memisahkan garam dari air laut sehingga menjadi air ang dapat dikonsumsi atau yang disebut air tawar , yaitu Desalinasi .


Beberapa model Desalinasi  , yang diusulkan mulai dari pribadi sederhana sampai dengan alat yang mahal. seperti :

  • Menggunakan pemanasan , hanya air murni yang akan menguap sedangkan garamnya akan mengkristal 
  • Memanfaatkan Filter Geologi , dengan membuat sumur dipantai dimana garis batas bawahnya sejajar dengan air laut .
  • Menggunakan memberan ion , prinsif kimia dimana zat dipisahkan berdasarkan perbedaan sifat ion-ionnya . 

Penelitian tentang Desalinasi air laut ini terus dilakukan sampai kini , untuk mendapatkan formula terbaik untuk hasil yang baik dan tentu dengan biaya yang lebih murah.


2. Bidang fisika

           Saat ini teknologi sederhana yang dapat dilakukan oleh semua kalangan , akademisi ataupun non akademisi adalah Fog Harvesting . sebuah teknologi sederhana yang memanfaatkan keadaan Geografis berupa Kabut yang dikondensasi menjadi air bersih .

Dikutif dari situs idnfarmers.me bahwa salah satu cara mengatasi air pertanian di dataran kering kemarau panjang adalah dengan menggunakan teknologi sederhana ini. Tekhnologi yang hanya menggunakan jaring  berupa kain polypropylene atau mukim ini cukup efisien untuk penggunak per-orangan dengan hasil yang baik , lebar jaring 1x1 dapat menghasilkan 3 liter air maka dapat dibayangkan jika memiliki kain polypropylene yang lebih besar .


3. Bidang Biologi

       Bidang Biologi , meski masih jarang terdengar bukan tidak mungkin pengembangan tumbuh-tumbuhan yang dapat menyimpan air akan terus dilakukan . menurut kami , cara biologi merupakan langkah evolusi dengan tujuan jangka panjang . Program Bumi hijau , konservasi alam menjadi salah satu dari bagian dari pengembangan biologi .

Selain pengembangan yang yang menyimpan air dari akar- akar tumbuhan , tanaman- tanaman berbuah juga dapat menjadi proyek yang baik  yang umumnya dapat menjadi pilihan untuk ditanam secara global .

0 Response to "solusi sains mengatasi kelangkaan air di kemarau panjang "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel