Sunday, February 11, 2018

Deja Vu ingatan yang rusak | Bukan kecerdasan

Deja vu

seperti itulah orang menyebutnya , Deja-vu merupakan suatu keadaan dimana tiba2 muncul sebuah ingatan seakan-akan kejadian ini atau yang anda kerjakan pada saat itu pernah terjadi entah kapan . Atau suatu perasaan mengingat kembali suatu peristiwa padahal menurut memori otak , peristiwa itu sudah pernah terjadi entah kapan .

Beberapa media sains mengklaim bahwa Orang yang sering mengalami Deja-vu dikatakan lebih cerdas daripada orang yang jarang atau tidak pernah Deja-vu . Saya masih heran padahal hampir tidak ada satu ilmuanpun memastikan demikian

Saya berpikir sebaliknya yaitu sebuah tanda melemahnya kemampuan mengingat . Atau Deja vu yaitu ingatan dari memori yang rusak,  seperti sebuah kaset masa lalu  yang rusak karena tertimbun debu sehingga ada bagian yang terpotong atau terlewatkan atau seperti seseorang yang menghapal sebuah bait panjang , awalnya ia mengetahui persis dimana letak baris-baris , titik komanya tapi karena sudah lama sehingga ketika menemukan hal yang hampir mirip dikemudian hari  kita merasa ini "pernah terjadi sebelumnya" padahal bukan .

Teori - teori

Menurut pandangan ilmiah , penjelasan tentang Deja-vu masih sedikit dipahami , sepenuhnya belum terpecahkan , bahkan penyebabnya masih misteri . Teori teori yang baru muncul

¤ Deja vu mungkin saja berasal dari pengalaman familiar tentang suatu tempat atau seseorang yang kemudian terlupakan waktu dan anda kembali ketempat tersebut , dan anda mengalami Deja vu padahal hal itu pernah terjadi.

¤ Deja vu mungkin saja kontradiksi dari ruang dan waktu itu sendiri apakah itu dari ingatan masa depan,dimensi lain? Entahlah .

¤ Deja vu mungkin terjadi apabila bagian otak bernama rhinal cortex meningkatkan peengalaman familiar atau samar-samar tanpa diingat kembali oleh memori otak
(sirkuit hippocampal) .

Dan masih banyak teori atau pendapat lain namun yang namanya  pendapat/teori bukanlah sebuah fakta ilmiah yang terkadang bisa salah . Apakah anda punya pendapat lain ?

Jika saya boleh berpendapat ekstrem maka ,
¤ Deja vu mungkin saja berasal dari kehidupan sebelumnya atau rengkarnasi dari ingatan kehidupan sebelumnya (mystic).

¤ Deja vu merupakan warisan memory atau ingatan  yang ikut diturunkan dari DNA orang tua kepada anaknya, sehingga seakan akan kita pernah melakukan hal serupa padahal berasal dari rangsangan memori sel keturunan kalau hal tersebut pernah terjadi pada orang tua kita atau kehidupan sebelum kita.

Namun menurut saya , Deja vu berasal dari Ingatan yang rusak . Bahwa yang seakan - akan ia lakukakan saat ini pernah terjadi entah kapan tapi ternyata berasal dari memori ingatan yang rusak sehingga tidak lagi dapat membedakan dua hal yang mirip padahal faktanya tidaklah sama.


Seperti sesorang yang memegang sapu seperti gambar diatas ia merasa bahwa ia pernah memegang sapu persis seperti demikian dihalaman tersebut , ternyata dulunya ia memegang stick golf /sky.

Kesimpulan saya , Deja vu adalah kondisi dimana otak tidak mampu membedakan antara ingatan lama dengan yang terjadi saat itu .


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun