Saturday, January 20, 2018

Prinsif dan cara kerja alat Soxhletasi


        Soxhlet adalah salah satu alat yang sangat penting digunakan dalam ekstraksi dan merupakan alat yang digunakan pada tahap pertama dalam isolasi senyawa kimia ,  baik berupa senyawa obat atau racun dalam sebuah sampel bahan .

       Sokhletasi adalah metode atau proses penyarian senyawa bahan alam berdasarkan kelarutannya dengan menggunakan alat sokhlet.

        Prinsip kerja dari metode soxhletasi adalah penyarian golongan senyawa bahan alam dalam suatu sampel berdasarkan kelarutannya.

       cara kerjanya ,  sampel di haluskan kemuian dibungkus dalam sebuah kertas saring dan dimasukkan kedalam klongsong alat soxhletasi , dimana tabung soxhletasi diisi dengan pelarut (misal;pelarut organic) kemudian dipanaskan , pelarut tersebut akan mengalami penguapan – pengembunan dan masuk kedalam klongsong dan akan mengairi sampel . senyawa – seyawa dalam sampel akan ikut besama pelarut dan tetampung kembali dalam wadah pelarut .

Salah satu jenis soxhlet adalah soxhletasi Glass 250  berukuran kecil . penggunaan soxheltasi berdasarkan banyak sedikitnya sampel


                  Dapat dibeli secara terpisah dengan variasi ukuran    
                  Pesan disini (tokped)  atau
   
                  di   https://goo.gl/JWLqbe

               
Kelengkapan ;

  • 1 unit pemanasan analog , mantel AHM 250 - dan seterusnya .
  • Kuas peredam kaca 200ml- seterusnya
  • Kondensor 200mm - 
  • Soxhlet Glass 125 ml - 
  • 1 set statif (230 x 230 x 900)mm 
  • Klem universal dan kepala bosh (2pcs) 


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun