Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

ketahui Batasan konsumsi MSG dalam bahan penyedap makanan


                                                     

MSG, orang masih gaming dan berada dalam ketakutan mengeni bahan penyedap makanan ini .  namun pada kenyataanya , orang –orang tidak bisa lepas dari bahan makanan tersebut  .  MSG hampir sebagaian besar berada dalam produk makanan instant dan Para pecinta kesehatan menolak dengan tegas atau anti dengan adanya MSG dalam makanan yang menimbulkan banyak efek samping , disamping itu para perusahaan dagang seringkali membantah hal tersebut dan menuding hal demikian hanyalah politik dalam dagang .

Satu hal yang paling penting harus diketahui , tidak ada pelajar didunia ini yang paling takut selain pelajar kimia yang takut akan bahan sendiri yaitu bahan kimia . dengan asumsi bahwa tidakada bahan kimia sintesis yang aman dibumi tanpa meninggalkan jejak akibat dikemudian hari .

Karena itu berbagai upaya dilakukan , mengenai seberapa persen tingkat respon MSG dalam tubuh , sebarapa kuat tubuh mampu mengatasi adanya gangguan dalam tubuh . sehingga kerjasama organisasi kesehatan dunia seperti JECFA (joint WHO/FAO Expert commite on foods additives)  menghasilkan keputusan lewat ADI (acceptable daily intake) dan  menetapkan bahwa jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi seseorang setiap hari yaitu 153 mg MSG/kg berat badan.



Apa artinya ?

Artinya Edukasi pemakaianlah yang paling penting untuk disampaikan kepada konsumen . didasrkan atas batas maksimal sesorang harus mengkonsumsi MSG perhari yaitu 153mg /kg berat badan. Maka kami sampaikan dengan tabel dibawah ini , antara berat badan dan batas maksimal mengkonsumsi MSG

Berat badan  & Batas maksimal MSG (gr/mg)

25 kg = 3.8grm

35 kg = 5.4 grm

50 kg = 7,7 grm

60 kg= 9,2 grm

70kg = 10.7 grm

80kg = 12.2 grm



Apa masalah terpenting dri produk menganduk MSG?

 Masalah terpenting adalah ketidak terbukaan pemiliki produk untuk memberikan informasi yang jelas mengenai seberapa persen kandungan MSG dalam satu kemasan produk , apalagi langsung memberikan keterangan berupa bilangan angka sebrapa milligram atau gram MSG dalam kemasan produk makanan tersebut.

Bagaimana Seharusnya Keterangan Komposisi MSG ?

 Kandungan yang terbilang vital dalam pandangan masyarakat sensitive terhadap bahan kimia dalam makanan harus dengan jelas ditulis dalam kemasan produk yaitu mengnail berapa mg atau gram MSG .

Apa Pentingnya Mengetahui % Kadar MSG Dalam Makanan?

 Agar konsumen mampu mengkalkulasikan , seberapa banyak yang harus digunakan dalam sekali pakai  kedalam makanan . Contohnya , salah satu produk bahan makanan yang cukup terkenal dipasaan adalah rayco , namun satu hal yang baik dari rayco adalah memberikan informasi kepada publik mengenaai berapa persen (%) kandungan MSG dalam produknya , meski tidak langsung disampaikan dalam kemasan produk tapi cukup baik di halaman web atau social medianya .

Bukankan Sudah Disetujui  BPOM ?

 Benar , jika sudah disetujui BPOM barang tersebut sudah bisa dipasarkan . Namun dari kasus ini kita bisa tau bahwa BPOM memberikan keterangan izin edar dengan pertimbangan , persentase dalam satu kemasan produk . Dengan kata lain , izin dapat diberikan jika dalam satu kemasan tersebut  sudah memenuhi batas kandungan sesuai prosedurnya . Namun BPOM tidaklah bertindak sebagai juri masak atau tim kesehatan sehingga tidak memberikan aturan kepada konsumen , bahwa produk tersebut hanya boleh di pakai masak 1/3 atau ½ kemasan saja dalam sekali pakai.

 Karena jika bukan demikian , maka otomatis bebrapa produk yang seharusnya kurang baik berdasarkan batasan usia atau berat tubuh tidak dapat dizinkan . terkecuali , dan lain-lain.

Bagaimana takaran pemakaian MSG dalam produk penyedap makanan dipasaran ?

1. Royco

Royco menjawab pertanyaan konsumen tentang kandungan MSG dalam produknya


Mari berhitung:

jika dalam satu saset royco memiliki berat 100 gr dengn msg 10% maka  tinggal dikalkulasikan ada 10 grm msg dalam 100 gram bahan  . 10 gram atau 10.000mg msg .  jika berdasarkan peraturan ADI yaitu batasan sesorang harus mengkonsumsinya 153 mg MSG/kg berat badan ,  maka seseorang  dengan berat badan 25 kg  harus memakainya 2 – 3 kali . jika penggunaanya 100grm dalam sekali pakai  maka harus dikonsumsi oleh seseorang dengan berat badan +/- 65kg

Berat badan 25 kg seperti yang dikutip dari laman (detik.com ) adalah anak berusia rata-rata 8 tahun . dibawah berat badan 25 tahun maka sesorang harus memperkecil pembagian pemakaian menjadi 4 – 6 atau lebih , pemakaian dalam satu kemasan 100grm .



2. Bumbu Nasi Goreng Instant (Bamboe , Mama Suka , Sajiku , Indofod , Kokita , Enak Eco)

Sebuah karya ilmiah penelitian yang dilakukan  di program studi tekonologi pangan ( universitas pasundan) terhadap kadar MSG dalam  Bumbu nasi goreng instant  yang beredar dipasaran , yang melibatkan 6 merek dagang yaitu ; Bamboe , mama suka , sajiku , indofod , kokita , enak eco .

  Analisi MSG dengan menggunakan alat HPLC  . Kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT) atau high performance liquid chromatography (HPLC) merupakan teknik analisis dan pemisahan sekaligus penentuan kualitatif maupun kuantitatif , bebrapa kegunaan HPLC yang juga banyak dgunakan yaitu seperti analisis obat-obatan dalam darah dan sebagainya   . berdasarkan analisis terhadap bumbu nasi goreng instant .   didapatkan data kuantitatif sebagai berikut ;

Keterangan ;

 L1 ; luas area sampel pada produk bumbu nasi goreng instant

 L2 ; Luas area standar pada monosodium glutamate

 W1; berat sampel pada produk bumbu nasi goreng instant

 W2: berat standar pada monosodium glutamate

Dari data hasil penelitian tersebut , dapat kita lihat bahwa dalam 40gr bumbu bamboo , mama suka , sajiku , indofod , kokita , enakco mengandung MSG berturut – turut yaitu 1.112  - 1.484 – 0.872 – 0.768 – 1.332 – 2.628 .

- Bamboe dengan 1.112grm MSG dalam 40grm bahan makanan. Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari 153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh +/- 7 kg .

- Mama suka dengan 1.484gr MSG dalam 40grm bahan makanan . Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari  153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40 grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh +/- 8 kg  .

- Sajiku dengan 0.872gr MSG dalam 40gr bahan makanan . Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari 153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40 grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh +/- 5 kg .

- Indofod dengan 0.768gr MSG dalam 40gr bahan makanan  . Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari 153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40 grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh +/- 5 kg .

- Kokita dengan 1.332gr MSG dalam 40gr bahan makanan  . Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari 153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40 grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh 8.5 kg .

- Enakco  dengan 2.628gr MSG dalam 40gr bahan makanan  . Berdasarkan keputusan ADI batasan maksimum sesorang harus mengkosmusi MSG adalah perhari 153mg per berat badan . jadi jika menggunakan 40 grm bahan tersebut minimal dikonsumsi seseorang dengan berat tubuh 17 kg .



Ajinomoto

Salah satu perusahaan sekaligus nama dagang , yang memasok beberapa produk makan seperti masako dll. Sekilas tentang ajinomoto merupakan perusahaan  yang dari bebrapa sumber  memproduksi 33% msg didunia . Produk-produknya memakai MSG , namun kami belum menemukan berapa % MSG yang digunakan dalam setiap produk yang berbeda-beda dan dalam setiap kemasan. kami akan mengupdate jika menemukannya .

Post a Comment for "ketahui Batasan konsumsi MSG dalam bahan penyedap makanan "