Tuesday, December 5, 2017

Super , blue , bloodmoon kembali pada tahun 2037

Setelah tahun 2018 indonesia akan menyksikan kembali super , blue , bloodmoon pada tahun 2037 atau sekitar (36 tahun sekali) yaitu sekitar 19 tahun dari sekarang. Rentang terjadinya penomena ini lebih singkat dibanding negara lainnya seperti Amerika yaitu 152 tahun sekali , hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti lintasan , revolusi evolusi dan pergerakan benda langit terlebih indonesia berada pada posisi garis katulistiwa .

kami akan membahas tentang fenomena supermoon atau bulan super  , bloodmoon (bulan darah) dan bluemoon (bulan biru)

Pengertian
Supermoon
Adalah penomena bulan dimana bulan terlihat seperti bola raksasa yang bercahaya dilangit bumi .

Bloodmoon
Adalah penomena bulan dimana cahaya matahari yang menembus atmosper bumi sehingga nampak sinar bulan yang memerah.

Bluemoon
Adalah penomena bulan dimana cahaya matahari direfleksikan dari partikel-partikel langit kebulan

 Penjelasan ilmiah supermoon , bloodmoon dan bluemoon 




Supermoon

      Istilah supermoon didifiniskan sebagai sebuah fenomena perigee, yaitu dimana bulan purnama secara bertepatan berada pada orbit terdekat dengan bumi . karena ukuran dari orbit bulan atau rotasi bulan mengeliling bumi bervariasi dari waktu ke waktu atau setiap bulannya perigee atau jarak antara bumi dan bulan tidak selalu berada pada jarak yang sama dari bumi .

        Menurut Dr Robert Massey , wakil direktur eksekutif Royal astronomical society ‘’ difinisi supermoon masih diperdebatkan , apakah supermoon terjadi pada jarak terdekat sehari sebelumnya atau  sehari sesudahnya ? . apakah supermoon harus sangat dekat dengan bumi atau bisa agak lebih jauh ? masih belum jelas . Jika dibandingkan dengan gerhana pengaturan waktu ‘’supermoon’’ lebih kabur , hasilnya menurut Massey ,  klaim gerhana adalah hal yang jarang dan itu berlebihan . supermoon juga berada dengan ilusi bulan , yang membuat bulan terlihat lebih besar dekat cakrawala daripada dilangit.



Bagaimana supermoon dapat terjadi ?

        ‘’ Supermoon ‘’ terjadi saat bulan baru datang menuju titik terdekat yaitu berada pada jarak minimum bumi . Mengapa ada jarak terdekat dan terjauh ?   Orbit bulan saat mengelilingi bumi tak bulat sempurna . Bulan mengintari bumi secara eliptis , yang artinya jarak rata-rata  terdekatnya berubah – ubah dari 405 - 363 ribu kilometer dari bumi .



       Apakah supermoon akan sering terjadi ? Tidak , bulan punya jarak terdekat dan terjauh dengan bumi , terkadang  titik terdekatnya terjadi saat bulan penuh  dan terkadang titik terdekatnya saat  bulan  masih muda .  kapanpun fasenya, jika berada dititik terdektanya dengan bumi , bulan akan terlihat lebih besar , namun pada kasus supermoon dengan ukuran dan cahaya yang super terjadi pada fase ketika bulan penuh mendekati bumi . Pada kondisi  Supermoon ,  bulan terlihat lebih besar 8-16% dan lebih terang 16 – 30 % sehingga tampak seperti bula raksasa yang terang

       Christoper palma seorang senior lecturer dan assosiasi depertemen Head for undergraduate programs in astronomy dan astrophysics di Pennsylvania state university . bulan membutuhkan waktu 27.3 hari dari titik terdekat ketitik terdekat selanjutnya . waktu ini lebih pendek daripada fase penuh bulan , yakni 29,5 hari .’’ karena perbedaan waktu inilah fase bulan saat berada dititik terdekat dngan bumi sangat bervariasi ‘’.


Melihat supermoon

        DIindonesia Pada November 2016 lalu supermoon pernah  terjadi dengan jarak bulan berada terdekat dengan bumi yaitu dan fenomena supermoon diakhir 2017 kini jarak terdekat bulan dengan bumi masih berada dijarak 537.492 kilometer (BMKG) . dikutip dari laman CNN  fenomena supermoon 3 desember  merupakan rangkaian dari 3 pristiwa supermoon yang akan berlanjut pada ( tanggal , 2 dan 31 bulan januari 2018).

         Secara gelobal , waktu terbaik untuk melihat peristiwa supermoon ini adalah setelah matahari terbenam pada waktu local anda .

       Secara tehnik bawha Fenomena langkit ini dapat dilihat langsung meskipun dengan mata telanjang  Menurut Royal astronomi society , tak seperti gerhana matahari , gerhana bulan aman untuk dilihat dan tak membutuhkan peralatan khusus .

Akibat dari supermoon

        Mengapa supermoon dapat menyebabkan pasang surut air laut ? Karena terjadi adanya tarikan gravitasi yang besar antara bulan dan bumi yang berjarak lebih dekat dan kemungkinan badai yang terjadi bertepatan dengan pasang surutnya air laut karena mencapai tingkat tertinggi dan terendahnya.

        Badan antariksa amerika serikat (NASA) jim Garvin yang bekerja pada Goddard space flight center di Grennbelt , Maryland menjelaskan tentang supermoon terhadap bumi . ‘’efek supermoon terhadap bumi kecil , dan menurut studi detil para seismolog dan vulkanolog,kombinasi antara sepermoon dan bulan tidak mempengaruhi energy internal keseimbangan bumi ‘”. Meski bulan berkaitan denganpasang surut bumi , itu tidak mampu memicu gempa besar mematikan .

         Penjelasan yang sama  Mark Quigly dari universitas of Malbourne . Bahwa perediksi yang sebagian benar sebagai akaibat dari supermoon bahwa deformasi pasang surut air laut bumi karena pergerakan matahari dan bulan bisa memicu gempa bumi , tapi dalam keadaan tertentu . quiqly menyatakan bahwa tidak pernah ada kasus dimana wakti fesiik , kekuatan , lokasi terjadi gempa secara sukses diperediksi dalam jangka singkat menggunakan tekanan pasang surut termasuk gempa .

Pasang surut air laut akibat supermoon memang lebih tinggi dari penomena lainnya dan bahkan memiliki puncak maksimum dan minimum beberapa derajat dibanding normalnya.

Bagaimana terjadinya Bloodmoon dan Bluemoon . 

Blue Bloodmoon
Terjadi saat sinar matahari menembus atmosper bumi , hal ini terkait pada spektrum cahaya matahari yang dibiaskan kebulan setelah melewati atmosfer bumi . Artinya bloodmoon hanya akan terjadi jika terjadi bulan gerhana total .

Analogi sederhana , ambilah sebuah senter kemudian nyalakan dan tempelkan pada telapak tangan , anda akan melihat cahaya warna merah dipunggung tangan anda .

Bluemoon tidak serta-merta bulan akan nampak berwarna biru , hanya saja istilah bluemoon untuk menggambarkan istilah cahaya yang absurt tergantung refleksi cahaya matahaari  dari parktikel-parktikel langit kebulan ,. Hal ini terjadi setelah bloodmoon berlangsung menghilang



        
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun