Saturday, December 2, 2017

Bumi datar adalah kebohongan



Pada kesempatan ini kami akan mengulas kembali tentang Flat earth , geosentris atupun helliosentris dari sisi sains ,nalar dan teologi  hubungan materi dan diluar isu foto - foto atau bukti kilas yang kurang pasti

Apakah bumi datar itu nyata ?
Mungkin saja salah , tapi bisa jadi juga benar . Satu hal yang sebenarnya baru saja ditunjukan pada konspirasi ini khususnya kepada kapasitas pengetahuan manusia , selama jutaan tahun menghuni bumi ternyata masih muncul pertanyaan tentang bentuk tempat tinggal manusia .

         " flate earth" ?

flath earth adalah teori bentuk bumi yang datar seperti sebuah piringan . teori flat earth juga sering dikaitkan pada sekelompok orang atau organisasi yang percaya bahwa bentuk bumi adalah datar .
beberapa alasan mengapa teroi bumi datar muncul ;

       1. Geosentris

        Geosentris adalah suatu teroi yang mengatakan bahwa bumilah yang menjadi pusat tata surya ,akan tetapi pada abad ke -16 teori helliosentris lebih dipercaya setidaknya sampai sekarang bahwa matahari dipercaya sebagai pusat tata surya . teori helliosentris dipopulerkan oleh copernicus Namun tidak dapat dipungkiri, dalam merumuskan konsep tersebut ia turut mengadopsi pemikiran dan perhitungan para ilmuwan Muslim sebelumnya. Hingga saat ini konsep Heliosentris-lah yang dianggap benar secara empiris .

       Namun kembali mengingat sejarah helliosentris selalu dikaitkan dengan Gelileo ataupun copernicus pada pertengahan abad kebangkitan eropa meski kebenarannya bahwa ilmuan muslim jauh lebih dulu diklaim sebagai pencetusnya yaitu khawarizmi pada abad pertengahan yang berilian .


       2 . Teori elektromagnet
Salah satu teori yang dipercaya mengungguli teori Gravitasi issac newton . Teori Gravitasi issac newton  dalam bentuk bumi bulat menjadi alasan mengapa manusia tak merasaka Kemiringan bumi , serta pergerakan planet-planet bergerak mengelilingi matahari adalah bentuk adanya gaya gravitasi antara planet .

Namun setelah kurang lebih 1,5 abad muncul teori elektromagnet (Nicolas tesle , 1800an) bahwa benda - benda langit berputar pada jalurnya karena pengaruh medan magnet bumi , sehingga bumi menjadi pusat tata surya .
Kaum Flatter memberikan contoh pada sebuah balon , jika gaya gravitasi bumi itu ada kenapa balon bisa terbang ke-udara? jatuhnya buah ke- bawah , berpijaknya manusia di bumi adalah karena adanya medan magnet . karena pengaruh medan magnet inilah kenapa benda-benda langit tidak menabrak bumi dan bergerak pada jalur peredaran masing-masing.

        3 . Stellar parallax
Yaitu suatu Pandangan bahwa posisi suatu objek akan berubah-ubah berdasarkan sudut pandang seperti posisi rasi bintang . Misal posisi matahari terlihat berbeda jika diamati dari bumi dibulan januari dan juli .

Namun pandangan flater atau dalam teori bumi datar , bahwa formasi rasi-rasi bintang tidak berubah mereka mengintari kubah langit sesuai lintasan dan formasinya . Flater membuktikan kebenaran geosentris bahwa posisi bumi tetap dari sifat dan posisi bintang utara yang tidak berubah sebagai yang digunakan pelaut sebagai Navigasi kapal dalam pelayaran. Meski pernah diklaim bahwa dulu posisinya tidak diutara , ada dua poin penting yang tetap didapat

      a. Bahwa bumi tidak bergerak dari posisinya (membatalkan helliosentris)

     b. Jika bintang utara dulu tidak diposisinya? Apakah sekarang berarti bumi sudah tidak lagi berputar sehinhha posisi bintang utara tidak berubah .

         4. Teologi
        Flatter percaya bahwa Teori bumi datar murni hasil eksperimen bukan pandangan agama , meski menurut Flatter bahwa semua agama berpendapat sama bahwa tuhan menciptakan bumi menghampar dan tuhan menaburkan bintang - bintang sebagai hiasan .

Pada kesimpulannya , teori flat earth berkaitan atau sejalan dengan geosentris  .


Coba kita lihat video dibawah ini , yang diunggah NASA


Melihat dari tiga alasan yang paling mendasar berdasarkan teori flat earth yang juga sulit dibantah , muncul sebuh pertanyaan serta jejak pendapat baru yang lahir dari hubungan antara bumi datar , flat earth , geosentris dan helliosentris ?

ada bebrapa hal yang bisa diterima dari teori flate earth namun ada bebrapa juga yang tidak bisa diterima , hal yang bisa diterima alasan dari flate earth adalah


  • steller paralex 
          bahwa ada rasi bintang yang tidak berubah yang mustahil terjadi jika bumi ternyata mengintari matahari . dalam kata lain bahwa tidak mungkin hal itu dapat terjadi jika pendapat kita tentang helliosentris ternyata benar . hal ang sejalan dengan fakta tersebut adalah geosentris .

Pendapat yang kurang dapat diterima ;

  • Gravitasi - medan magnet
        Alasan yang kurang dapat diterima adalah jika balon gas yang mengudara menjadi bantahan atas teori gravitasi issac newton , nyatanya hal yang berkaitan dengan   udara atau gas memiliki sifat tersendiri sebagai suatu materi yaitu bergerak bebas dalam ruang . artinya bahwa ada hal-hal pengucalian yang tidak terikat teori gravitasi , namun bukan berarti dapat mewakili semua hal .

       selain itu pendapat flatter yang mengatakan bahwa ada dinding tebal yang menyelimuti bumi , dan terkait elektromagnet . pertanyaanny mengapa meteor dapat jatuh kebumi ?

       Kami menyebutnya kurang dapat diterima karena dikasus lain kita menumukan sebuah hal berbeda , seperti banyak kasus laporan yang kita dengar bahwa bumi ''HAMPIR'' ditabrak meteor astroid , jika bumi memiliki gravitasi tentunya bukan hampir yang terjadi melainkan pasti terjadi tabrakan .

       Hal lain sering dikemukakan oleh para ilmuan antariksa , bahwa bumi HAMPIR -HAMPIR ditabrak oleh asteroid -meteor raksasa dll. Jika adanya gaya gravitasi besar yang dimiliki bumi sudah pasti benda-benda tersebut menabrak bumi karena adanya tarikan gaya gravitasi ,akan terjadi banyak kontradiksi gravitasi antar pelanet yang menyebabkan bumi tak aman . Misal : penomena perigee menyebabkan supermoon (gravitasi bulan vs bumi) dan indikasi pasang surut bumi dan kemungkinan ada alasan lain dari pergerakan benda-benda lain selain hanya bergerak pada lintasan masing-maisng.

  •  Pendapat teologi 
       Islam dalam Al-qur'an yang turun 15 abad yang lalu memberikan statmen berbeda yaitu bahwa bumi dengan system Geosentris namun memiliki bentuk seperti sebuah telur (bulat) . Mari kita kaji

     1 Geosentris 

      Dan Dia telah menundukkan bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar; dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.(QS. Ibrahim: 33)

    Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.(QS. Yasin: 40)



 Teologi islam , Al-Qur'an telah memberikan statement berbeda semenjak 15 abad yang lalu. Statment alqur'an tentang tentang pusat tata surya dan bentuk bumi juga menjadi dasar ilmu astronomi hingga sekarang .

      Al-Qur'an mengatakan bahwa bumilah yang menjadi pusat tata surya (Geosentris) , namun bentuk bumi adalah bulat . Sehingga posisi alqur'an benar-benar menjadi penengah terhadap perdebatan panjang sains.

      Jejak pendapat admin mengenai teori gravitasi - medan magnet . Alqur'an memberikan statmen berbeda Geosentris -bumi bulat . Kemungkinan bahwa system gravitasi dan medan magnet secara bersamaan ada dalam tata galaxsi . Dimana Gravitasi memiliki fungsi dibagian internal bumi atau masing-masing planet , sedangkan medan magnet bekerja antar planet esternal.
       
Pada akhirnya ada teka teki yang diisyaratkan dalam AL-qur'an yang juga  menjadi pertanyaan kita semua ;
         1. Flatter mengakui adanya keterkaitan antara geosentris dengan flat earth .  bagaimana jika geosentris  berbentuk ''bumi bulat'' . ? apakah geosentri harus memiliki bentuk flat?


         2. Bagaimana jika galaxy tersusun atas gaya gravitasi dan teori medan magnet , dimana gravitasi bekerja dalam system bumi atau system masing- masing planet dan teori medan magenet bekerja dalam tata surya ?


       
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun