Wednesday, July 12, 2017

Super ego




Terpenjara pada sebuah ego
Pengalaman sadar tentang psikonalisis

Mengapa seseorang terlihat sangat menjengkelkan ?  , Berbeda secara perilaku normal pada kebiasaan , kebiasaan yang kdang kadang melewati batas gagasan normal. Kadang kadang kita melihat seseorang dengan tingkat kepekaan yang kurang terhadap perasaan orang lain , Kadang kita melihat seseorang anak muda yang mencoaba berbicara dengan bahasa yang tinggi tapi orang disekitarnya mengenalnya sebagai peribadi yang kurang waras , Ada orang dengan kemampuan berkelompok yang kurang condong pada sifat realitas yang kurang pada pertimbangan , Bahkan mungkin kita pernah menemukan seseorang dengan gagasan atau rencana yang kontropersial pada keadaan serius dan sadar , seperti
 “ kalo saya menikah nanti saya aka minta suami saya mengerti untuk tidak mendekati saya ‘’

Mengapa hal itu dapat terjadi?
Untuk dapat mengerti perilaku seseorang , menurut Teori Freudian Ada tiga system yang terdapat dalam struktur perkembangan keperibadian seseorang yaitu id , ego dan superego . 
  • Id  yaitu sebuah struktur utama dalam kejiwaan seseorang yang merupakan sumber segala energy pisikis yang isinya berupa perintah – perintah kejiwaan terhadap kebutuhan dasar biologis . seperti seorang bayi yang tidak memerlukan kesadarn realistis , amoral , tidak mempedulikan realitas , sensor diri dan bekerja atas dasar kesenangan .
  • Ego yaitu struktur kejiwaan yang bekerja atas dasar relitas , ego yang membantu system id untuk menentukan segala kebutuhan pada tahap awa perkembangan . namun pada perkembangan selanjutnya ego akan berdiri sendiri . pertumbahan ego pada seseorang ditandai dengan kesadaran pada suatu kenyataan bahwa realitas adalah sesuatu yang tidak dapat diperlakukan seenaknya saja .
  •  Superego adalah sebuah system yang mengkulturkan realitas dengan norma norma budaya , nila – nilai social atau tata cara yang sudah diserap kedalam jiwa dengan kata lain kemampuan medngadaptasi kejiwaan terhadap lingkungan social .
Sekelumit masalah kejiwaan adalah adalah sebuah terhambatnya perkembangan kejiwaan id, ego dan superego . Bebarapa gejala neurotic yang sering dikaaitkan pada penyakit kejiwaan seperti Panik, fobia, konversi, obsesi, kompulsi, dan depresi biasanya tidak disebabkan oleh defisit dalam fungsi. Sebaliknya, mereka disebabkan oleh konflik intrapsikis. Konflik umumnya berkisar antara keinginan seksual dan keinginan bermusuhan yang agresif, rasa bersalah dan malu, dan faktor realitas. Konflik mungkin terjadi secara sadar atau tidak sadar, tetapi menciptakan kecemasan, efek depresif, dan kemarahan. Akhirnya, berbagai elemen tersebut dikelola oleh operasi defensif, yaitu mekanisme menutup otak yang membuat orang tidak menyadari adanya unsur konflik. Dengan bahasa yang mudah dimengerti seseorang tidak mengerti bahwa adanya konflik dalam dirinya .
Mungkin ia terpenjara pada kondisi id atau ego , atau super ego yang tidak sempurna .  dimana secara sosiologi ia seharusnya berada pada jajaran superego namun secara perilaku menunjukan sifat ego atau masih membutuhkan prinsip realisits daripada  pencarian perfection atau penyesuaian diri pada kesempurnaan . seorang dengan umur 30 tahun beradaa pada tempat yang sama dan waktu yang sama tapi menunjukan sifat mentalitas yang condong pada kurangnya kendali diri . Orang dewasa yang tidak mengalami rasa bersalah dan malu, dan yang menikmati perilaku kriminal, biasanya didiagnosis sebagai psikopat, atau dengan menggunakan DSM- IV-TR, sebagai penderita gangguan kepribadian antisosial. Dengan demikian tujuan utama proses sosialisasi menurut freud adalah pembentukan superego yang sahat . orang yang tersosialisai adalah orang yang menerima tata aturan masyarakat sebagai aturan aturannya sendiri .
Pada level tertinggi Hal itu bisa menjadi gangguan secara pisikotik , yaitu  “asosiasi longgar,” “ benturan (blocking),” “ lompat gagasan (flight of ideas),” “ palilalia (verbigeration),” dan “penarikan pikiran") . atau yang kemudian disebut sebagai orang yang menderita keterbatasan nyata pada kehangatan , empati,kepercayaan identitas , kedekatan atau stabilitas dalam hubungan . atau sebuah perkembangan pisiklogis yang terhenti namun sebuah gagasan baru yang terus datang dan menjadi benturan dalam pisikologis sehingga Nampak secara perilaku abnormal yang kemudian disebut sebagai psikopat . Teori Freudian percaya bahwa masalah dewasa dapat ditelusuri dari konflik yang belum diselesaikan dari fase-fase tertentu dari masa kanak-kanak dan remaja .

‘’ kepakan sayap kupu – kupu dihutan amazone dapat menjadi badai dalam kurun waktu ‘’

Kita dapat mengatakan bahwa kehidupan normal dengan mengikuti setiap fase dalam hidup adalah suatu proses perkembangan jiwa yang normal . suatu benturan kejiwaan pade fase fase ego sangat berpengaruh pada kematangan super ego dalam diri seseorang .

Terapi psikonalisis yang dapat dilakukan mencakup mengkonfrontasikan dan mengklarifikasi mekanisme pertahanan, harapan, dan perasaan bersalah. Melalui analisis konflik, termasuk yang berkontribusi terhadap daya tahan psikis dan yang melibatkan tranferens kedalam reaksi yang menyimpang, perlakuan psikoanalisis dapat mengklarifikasi bagaimana pasien secara tidak sadar menjadi musuh yang paling jahat bagi dirinya sendiri: bagaimana reaksi tidak sadar yang bersifat simbolis dan telah distimulasi oleh pengalaman kemudian menyebabkan timbulnya gejala yang tidak dikehendaki. Terapi dihentikan atau dianggap selesai saat pasien mengerti akan kenyataan yang sesungguhnya, alasan mengapa mereka melakukan perilaku abnormal, dan menyadari bahwa perilaku tersebut tidak seharusnya mereka lakukan, lalu mereka sadar untuk menghentikan perilaku itu .

revisi berlanjut …


Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun