Wednesday, December 28, 2016

walang-sangit ; Hama yang Bergizi



Tentang walang sangit;

         Walang sangit  adalah serangga yang menjadi hama penting pada tanaman budidaya, terutama padi. Di Indonesia, serangga ini disebut: kungkang (Sunda), pianggang (Sumatera), dan tenang(Madura). Hewan ini mudah dikenali dari bentuknya yang memanjang, berukuran sekitar 2 cm, berwarna coklat kelabu, dan memiliki "belalai" (proboscis) untuk menghisap cairan tumbuhan. Walang sangit adalah anggota ordo Hemiptera (bangsa kepik sejati).

Walang Sangit (Leptocorisa acuta Thunberg) 
Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hemiptera
Famili : Alydidae
Genus : Leptocorisa
Spesies: Leptocorisa acuta
Author :Thunberg

Serangga berbau menusuk yang masuk dalam golongan Hemiptera ini banyak dikonsumsi di seluruh wilayah Asia, Amerika Selatan, dan Afrika. Nama hewan ini menunjukkan bentuk pertahanan dirinya, yaitu mengeluarkan aroma yang menyengat hidung, sehingga dinamakan "sangit". Sebenarnya tidak hanya walang sangit yang mengeluarkan aroma ini, tetapi juga banyak anggota Alydidae lainnya.

kandungan kimianya;
Mengandung nutrisi penting seperti protein, besi, kalium dan fosfor, walang sangit biasanya dipanggang, atau direndam dalam air kemudian dijemur.

pengolahannya ;

Hewan yang berbau menyengat ini, bebrapa daerah  biasanya membuat sebagai sambal goreng.  Namun kebanyakan juga menjadikan sebagai “beberuk” yaitu “Kenango” yang digoreng terlebih dahulu kemudian dicampur dengan garam, petsin, sedikit terasi, cabe rawit, tomat atau jeruk nipis. Rasanya memang enak dan lezat. Namun mengherankan, ketika walang sangit telah diolah menjadi makanan, ciri khas baunya yang menyengat hidung telah hilang. dibebrapa daerah seperti wonogiri , suku sasak bahkan menjadikan walangsangit menjadi mneu khas musiman .

Dan bahkan walang-sangit dapat di makan mentah-mentah . sebagian orang mengatakan aroma walang-sangit busuk , tapi sebagian orang malah suka dengan bau walangsangit yang menurut mereka khas . bahkan tidak sedikit orang memakan walangsangit mentah-mentah , dengan membuang sayap serta tangkai lengan-kakinya walang-sangit jauh rasa dari baunya . Admin sendiri bahkan pernah mencoba sebelum membuat artikel ini , dan memang terasa sedikit manis bercampur asin .

 Manfaatnya;
walangsangit yang juga disebut sebagai belalang dengan ciri khas aroma yang beda ,
Di Jepang dan Thailand, belalang merupakan bagian yang kompleks dari diet. Pasalnya, belalang mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Selain itu, belalang bisa dibilang jauh lebih segar ketimbang daging. Jenis serangga ini sering diolah dengan cara digoreng. Cita rasanya mirip seperti ayam goreng.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun