Cara Membuat sarang " Unggas " Biar Telur Cepat menetas secara alami .

Cara  Membuat sarang " Unggas " Biar Telur Cepat menetas secara alami .


         menyapa usahawan mandiri rumahan "SALAM SEHOBI " !!
menunggu ayam atau apapun menetas itu adalah hal yang lucu bagi mereka yang tak hobi . tapi bagi para peternak , menunggu ayam menetas sama seperti nunggu istri ngelahirin . hehe 
       namun kali ini admin  mau berbagi tips bagaiamana biar proses penetesan unggas  ( ayam ,burung ,itik dll)  memiliki masa ngeram dapat dilewati lebih cepat . tips ini tentu didapat dari para peternak berpengalaman . 

        sebenarnya ada bebarapa faktor yang juga mempengaruhi cepat atau lambatnya telur ayam dapat menetas , diantaranya yaitu  


  1. karena indukan yang kurang bagus 
        indukan kurang bagus seringkali dapat ditemukan dengan tingkah laku unggas yang tidak disiplin dalam mengerami telur , terlalu sering meninggalkan sarang ketika masa mengeram .

     2. ketebalan cangkang  


        ketebalan cangkang banyak ditemukan pada jenis unggas , ayam misalnya ; ayam Ras petelur , bangkok , kalkun , ayam hutan dll. yang membuat telur membutuhkan waktu lebih lama  untuk  menetas . 

     3. kenyamanan tempat , melipti ; kelembaban dll . 
         kelembaban juga merupakan faktor serius , selin mengganggu kenyaman indukan mengeram juga dapat membuat telur rusak membusuk , serta seringkali sarang menjadi berkuman .
        Dan kali ini tipsnya ada pada bahan pembuatan sarang telur , TERNYATA sarang telur memiliki andil yang cukup berpengaruh . sarang telur yang kami maksud bukan masalah bagus atau tidaknya tapi masalah bahan lapis yang digunakan , biasanya wadah sarang telur diisikan jerami , kain bekas dll . 
tapi cobaain lapis sarang menggunakan DAUN BAMBU KERING. 
nah , apa hubungannya ..?? 

       seperti ini Penjelasannya , daun bambu kering memiliki sifat fisik , yaitu ;

  • licin 




  • keras

















Dan permukaanya kasar berduri (seperti amplas ) 


dengan tekstur daun bambu seperti ini , telur ayam akan sangat mudah di balikkan induk , sangat mudah  tergesek membuat cangkang menipis . eth , utamakan daun bamboo kering secara alami bukan dari proses melayu .












kegunaan Lainnya ;
          jika sahabat ingin menitip telur ayam lain untuk di eramin diinduk ayam atau unggas yang sedang mengerami telurnya . Namun ternyata tekstur telur ayam tersebut lebih keras dan tebal dibanding telur ayam yang sedang dieramin  ,  sahabat bisa menggosokkan daun bambu kering terlebih dahulu (mengamplas) kemudian di jemur bebarapa menit . setelah itu , siap dititipkan ke indukan yang sedang mengeram . 


0 Response to "Cara Membuat sarang " Unggas " Biar Telur Cepat menetas secara alami . "

Post a Comment

santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel