Friday, August 26, 2016

10 nilai positif yang didapat dari kuliah kerja nyata . Bernostalgia

Bernostalgia dan penyemangat bagi yang sudah dan yang sedang KKN 

           Banyak pro-kontra mengenai enak dan tak enaknya kuliah kerja nyata . Namun jika ditelusuri lebih dalam ternyata memiliki banyak manfaat yang sebenarnya wajib didapat mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) .

                                                                        
                                                                           
             1.     membuat kita semakin peka

         Bayangkan saja mulai dari perencanaan program kerja , kita dituntut peka untuk melihat masalah lingkungan , kekurangan , kesenjangan social . kita yakin selama kuliah untuk memperhatikan masalah lingkungan ataupun kesenjangan adalah hal sama sekali tak menarik .


                         2.     KKN dapat menjadi ujian kedewasaan.

         Jika sahabat sudah atau sedang Kuliah kerja nyata . pertama, selamat sahabat sudah tua hehe. Kedua, diKKN kita dituntut untuk kerja kelompok untuk masalah Kuliah kerja nyata  hal yang paling membosankan adalah banyaknya Rapat / diskusi bener gak siih? Apalagi saat berpendapat kemudian tidak dihiraukan , saat puny aide tapi gak dipedulikan , saat giliran masak , masakan di kritik . ditambah ketua kelompok yang banyak ngomel gak boleh ini gak boleh itu . sakitnya tuh disini ! tapi meski  semua hal itu ngeselin pada akhirnya itu membuat kita lebih sabar , lebih mengerti bahwa tidak semua yang kita mau , semua yang kita suka disukai orang lain juga .
                                                                          kknunramjakem2015.blogspot.com

 jika sahabt melewati ini selamat level sahabat naik .

3.       Kkn mengajarkan disiplin .


         Bagi sahabat yang merasa ;
  • kurang disiplin , 
  • kurang rapi , 
  • kurang bersih ataupun ( so dekil of de kummel ). 
                                                                              aisyalh.blogspot.com



           ternyata Kuliah kerja nyata (KKN)  memberi arti disiplin . yah meski hanya sekedar JAIM (jaga image)   mandi pagi pagi , padahal dikost atau dirumah kagak berani air  . mandi dua kali sehari bahkan lebih padahal dikost atau dirumah ,perinsipnya so songong “ mandi dua kali sehari kampungan “ . masak bodoh dengan lingkungan , di posko kuliah kerja nyata (KKN)  jadi kayak bapak – bapak atau ibu – ibu sapu halaman sampai halaman tetangga. di kost atau dirumah solat subuh jam 8 ehhh  diposko pasang alarm jam 4 . Cuma ja’im siih paling tidak akhirnya kita tau bahwa menjadi orang disiplin ternyata indah .

4.       Jadi  lebih darmawan

Memberi ?
bagi anak kuliahan ogah . anak kuliahan lagi sukanya meminta bukan begitu.? 
Tapi pas Kuliah kerja nyata (KKN)  ,
  •  pahit manis rasakan bersama , 
  • keluarin uang makan , 
  • bayar posko (KKN) , 
  • biaya program kerja . 

      Initinya bagaimana membuat lingkungan setempat merasa terbantu dengan kehadiran kita . selamat akhirnya anda bisa memberi .

5.       Jadi bisa belajar mengajar

           di kuliah kerja nyata baru kita tau , ternyata belajar jauh lebih enak dari mengajar . membuat satu orang untuk mengerti ternyata sulit , apalagi bagi sahabt yang memprogramkan pengentasan  buta aksara  waduh disana kita tau makna peribahasa ( menulis diatas air ).
                                   www.desakandangsitubondo.com


                                            Gambar radarsukabumi.com


6.       KKN (kuliah kerja nyata ) membuat kita lebih cinta akan alam .
    Hmm meski hampir bergelar terkadang kita masa bodoh akan isu lingkungan , bahkan tak jarang kita pelaku perusak lingkungan . tapi akhirnya kita banyak belajar dari KKN , membersihkan selokan , membuat bak sampah desa .
                                


                                    blogs.unpad.ac.id

                                                               kaltim.tribunnews.com        
                         
         paling tidak selese KKN(kuliah kerja nyata ) kita tau bahwa lingkungn bersih itu jauh lebih indah ,  walaupun kita tidak lagi membersihkan selokan  , membuat bak sampah lagi , membersihkan jalanan lagi paling tidak kita tak lagi menjadi pelaku pengotor lingkungan .

7.       Pelajaran pertama tentang berkeluarga .
                                                yopihasopa.com

       Ia tinggal bersama , tidur bersama , makan bersama , akhirnya yang tidak bisa memasak jadi belajar memasak , ini yang gak bisa dilupakan  . sudah KKN (kuliah kerja nyata )  tapi masih gak bisa masak ??? #capekDEEEH

8.       KKN ( kuliah kerja nyata ) membuat kita selangkah lebih baik .
        Cuma selangkah ?? gak , pasti banyak langkah , karena kebiasaan yang salah , tutur kata yang kurang sopan atau salah  , banyak tingkah , bisa berubah jadi ebih indah .

                                           

           9 . untuk yang sudah KKN (kuliah kerja nyata ) yuuuk cerita cerita disini , bernostalgia bersama temen 
               temen
  •   Gimana pengalamanmu ..?
  •  Pelajaran yang didapat dari KKN (kuliah kerja nyata ) dan paling berkesan apa neh..
  • Kesan yang tak terlupakan apa neh.?
  • Dimana kkn nya dulu..?  
  •  Udah bisa masak dong sekarang ?
             10 . Untuk yang sedang KKN (kuliah kerja nyata ) yuuk cerita disini , atau mau curhat tentang KKNnya .
untuk yang mau KKN (kuliah kerja nyata) , selamat berburu

                                                   PO – KKN GO!



Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun