Tuesday, March 29, 2016

Ketika tuhan jatuh cinta


"Esensi manusiawi bertuhan"


.
Apa yang mendera kita hinga kita meneteskan air mata adalah sebuah pertandaa ?!
__"ketika tuhan jatuh cinta"__
.
Adakah sabar kala musibah datang bukan pertama kalinya ?! Kehilangan , gagal lagi , penghianatan . Kadang memaksa sifat manusiawi kita menggrutu pada tuhan dan Kadangpun menyerpa tuhan .
adakah qona'ah ketika kekurangan menjadi-jadi , hutang makin berlilit , sifat manusiawi kita keluar seakan mengatakan ,tuhan memang tak adil , dikemanakan do'a - do'aku . cry emotikon
.
Kali-kali sabarpun ada batasnya , miskinpun siapa yang terus mau . Kemana harus mengadu semua ini , "tuhan dan kepada tuhan harus konplin "
.
Tapi tahukah semua ini adalah tandanya ketika tuhan jatuh cinta padamu , memang sangat aneh bagaimana tuhan menyampaikan kata cintanya , tapi jika dilihat dari konsep keimanan maka akan ada sebuah indikasi jiwa mengatakan "tuhan akan mengirimkan sesuatu yang lebih seusai ujian ini " .
Rasul bersabda;
___"tiga hal , siapapun yang ingin merasakan manisnya iman , hendaklah cinta Allah dan Rasulnya lebih diutamakan dari yang lainnya , Cinta kepada manusia tiada lain karena cinta pada Allah , dan ia benci pada kekufuran sebagaimana ia benci dicampakkan dalam neraka .___
Allah berfirman ;
__sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar"___
Sabar memang tak mudah namun ketika sabar karena perasaan cinta ,maka inilah sabarnya orang yang sudah balig atau sabarnya orang dewasa , cinta pada Allah akan ada kebahagiaan disetiap jalan masalah , siapa yang bisa membuat hati kita kecut saat manisnya cinta bersama Allah , dan tiada teras miskin saat Allah begitu dekat .


hadits tentang sabarDari Abu Yahya, yaitu Shuhaib bin Sinan r.a., katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: "Amat mengherankan sekali keadaan orang mu'min itu, sesungguhnya semua keadaannya itu adalah merupakan kebaikan baginya dan kebaikan yang sedemikian itu tidak akan ada lagi seseorangpun melainkan hanya untuk orang mu'min itu belaka, yaitu apabila ia mendapatkan kelapangan hidup, iapun bersyukur-|ah, maka hal itu adalah kebaikan baginya,sedang apabila ia ditimpa oleh kesukaran - yakni yang merupakan bencana - iapun bersabar dan hal inipun adalah merupakan kebaikan baginya." (Riwayat Muslim) 
 .
Qona'ah memang tak mudah , tapi ciri keluarga yang mampu menanggung beban akhir zaman adalah ia keliuarga yang qona'ah percaya dan mengakui bahwa kebahagiaab tak datang dari harta , tak datang dari hidup mewah berlebih , namun seadanya yang membuat ruang lebih besar kemudian mampu menjalin cinta pada Allah lebih dekat, pada keluarga .


قَدْ أفْلَحَ مَنْ أسْلَمَ وَرُزِقُ كَفَا فًا، وَ قَنَّعَهُ اللهُ بِمَا آتَاهُ
“Beruntunglah orang yang memasrahkan diri, dilimpahi rizki yang sekedar mencukupi dan diberi kepuasan oleh Allah terhadap apa yang diberikan kepadanya.” (Diriwayatkan Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad dan Al-Baghawy)
.
Kebahagiaan adalah tentang kondisi jiwa , jika yang bahagia adalah mereka para politisi dan jutawan maka mukin kita tak akan pernah mendengar Ada dari mereka yang bunuh diri .
"Selama kita percaya pada Allah kita tak akan merasa menjadi miskin apalagi hingga kelaparan "
.
Tahaddus binniat
Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun