Tuesday, March 1, 2016

Kelola Sepetak Sawah 1 Tahun Naik Haji

Pengelolaan / Menejement Sawah Sangat Diperlukan
jika sahabat hanya memiliki harta 1 petak sawah , tapi kepengen banget naik haji ,,,,,, niat suci itu sudah cukup jadi ongkosnya . tapi begini cara pengolahannya , berdasarkan penelitian adiknya admin di jursan akuntansi mengenai judul unek-uneknya yang berisi tentang keuangan para petani , akhirnya admin dapet ide plus untuk mewawancarai petani selama satu tahun dan kayak gini ,

cara pengolahannya ;



1. MELIHAT SUMBER DAYA YANG DIMILIKI LAHAN
> apakah tanah tersebut terjangkau dengan sumber air ..?
> atau berada dekat dengen lereng gunung ..

 2.KEBUTUHAN SEHARI HARI
dan tentunya itu berkaitan dengan pangan, makanan pokok sehari hari . baik , di indonesia umumnya adalah beras ,
3. MEMBAGI SAWAH MENJADI DUA BAGIAN  .
> ini sangat perlu misalnya : dengan perbandingan 50:50  , nah sekarang sudah mnjadi dua petak sawah  .  langkah selanjutnya melihat sisi dari 2 titik petak yang paling sebur dari kedua petak sawah tersebut secara visual dan alngkah lebih bagusnya jika kedua petak sawah terebut sam sama subur . kemudin lihatlah posisi atau keadaan , bentuk sawah sekiranya ada bagian sawah yang letaknya lebih tinggi ataupun lebih rendah .
4. PENGGARAPAN
jika langkah langkah diatas sudah didapat sekarang peranyaannya apa yang mau kita tanam ...???
> tanah yang lebih subur dan posisinya lebih rendah disini kita menanam padi , melihat karakteristik dari tanaman padi yang nenbutuhkan lebih banyak air dan mineral lainnya .
 
 dan petak yang lainnya apa yang harus kita tanam ..?
nah disini sahabt harus rajin mencari informasi seputar tanaman , sayuran atau bahan makanan lainnya yang jika naik harganya kenaikannya sangat tinggi , :D mulai berfikir ..???

yah biasanya bahan makanan yang sering mahal harganya seperti bawang , cabe dll . okeh kita menggunakan cabe sebagai permisalan , tanaman cabe diindonesia bahkan didunia cukup populer . dan biasanya harga termahal cabe diindonesia mencapa Rp 100.000 . yah kita fokus dulu pada berbaik sangka , mesti berita buruknya ketika harga cabe turun harganya sampai 5000.00 .

Kalkulasi
mungkin sahabat akan bertanya ..?
kenapa kita tidak menanam secara bergiliran cabe dulu baru padi atau sebliknya..?
begini, target kita adalah naik haji dalam 1 atau 2 tahun . jika kita menanam secara bergiliran misalnya padi tentnya kita akan memiliki persedian makanan yang cukup untuk satu tahun , tapi tak dapat dipungkiri kita kekurangan sumber yang lainnya . dan tentu belum ada tabungan untuk naik haji .

apakah sahabat mau menjual padi hasil panennya ...? harga padi ketika panen atau yang sudah masuk gudang cukup murah , maematisnya begini ;
taruhlah kkita mndapatkan 1 ton jika menanam pdi disemua area , harga padi per kuintal yang baru di panen 300.000 - 350.000 , artinya jika sahabat mau mnjual setengah dari hasil panen . maka sahabt akan medapat 5 x 300.000 = 1.500.0000 . wal hasil simpanan padi menjadi kurang ,
nah , bagaimana kalau menanam padi di smua petak , maka logikanya kita tak punya cadangan padi wal hasil jual cabe beli beras , kata lainnya gali lubang tutup lubang . :D

5. NAIK HAJI
>bagaimana bisa naik haji ..? pertanyaan terakhir yang semua orang bisa jawab , bisa jawabanya perbanyak do'a , deket dengan Allah dll.

begini menegemen nya , faktanya cabe tak selamnya kita dapat harga mahal , sangat mengecewakan saat harga sampe jatuh parah sedang peawatannya cukup optimal , lebihnya cabe sangat rawan penyakit baik itu busuk buah , virus antrax dll.
disini yang kita butuhkan adalah Mental yang kuat dengan niat suci ingin berhaji , jangan patah semangat .
bahkan penanaman selanjutnya belum juga dapet , keimanan mulai teruji ingat sabar .

ada saatnya ketika rizki menoleh ke kita
ppppluuuksssssss Rp 50.000/kg CDARRRRRRRR Rp100.0000/kg 
 jika saat ini ongkos umrah 60 juta dgan harga cabe 100 rb /kg maka kita cuma membutuhkan 6 kuintal cabe , wawwwwwwwwwwww .

banyak juga tuh yang dibutuhin untuk ukuran tanah 25 are  hmmmm.erengan panjang mungkin.

tapi diingat , cabe tak berbuah sekali , tidk seperti padi yang cuma sekali panen . jika hasil panennya kita sampai cabe kita mati hanya 2- 3 kuintal , Alhamdulillah . pesta niiih ,

ops ingat niat haji .!!! :D di tabung atau di investasiin dulu samppai uangnya cukup .

dan insyaAllah penanaman SELANJUTNYA  kita siap berhaji dari jrih payah sendiri .
semoga kita dapat menginjak tanah suci ..
aamiiin

Previous Post
Next Post

0 komentar:

santun