Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RANGKAIAN DIODA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.....

Senang bisa ngeposting lagi tentang fisika dan juga hal-hal yang berkaitan dengannya, khusunya elektronika. Bagaimana kabar sobat saintist malam ini??? semoga selalu dalam lindungan Allah, Tuhan yang Maha Penyayang..

Kita telah membahas tentang dioda pada postingan yang telah lalu, dan sekarang waktunya kita praktik langsung bagaimana rangkaian dioda dan sifat-sifatnya..

Sebelumnya, sobat sediakan beberapa alat dan bahannya:

  • Sebuah baterai 6 Volt atau atau 4 buah baterai 1,5 Volt
  • Sebuah lampu 6 Volt di dalam sebuah socket (tempat lampu), lengkap dengan kabel penghubungnya.
  • Sebuah dioda. Tipe 1N4148 adalah yang paling sesuai, namun semua dioda silikon bisa juga digunakan.
  • Sebuah papan breadboard.

Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Periksa dioda yang sobat gunakan, perhatikan cincin di badannya. Cincin ini menunjukkan katodanya (negatif).
2. Pastikan dioda telah tersambung dengan benar. Kaki katodanya harus tersambung ke salah satu lampu.
3. Sambungkan baterai dan lihat apa yang terjadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut!!

Rangkaian dioda dalam keadaan bias maju
 Bagaimana kesimpulan sobat saintis???

4. Kemudian lepaskan baterai terlebih dahulu, cabut dioda dan tukar katoda dan anodanya, serta pasang kembali baterai. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut!!!

Rangkaian dioda dalam keadaan bias mundur
Bagaimana kesimpulan sobat dengan yang kedua ini???



Dari kegiatan di atas, sobat saintist mempelajari tentang rangkaian dioda, pada gambar pertama dikatakan dioda dalam keadaan bias maju (disebut juga panjar maju) yaitu ketika kaki anoda disambungkan ke kutub positif baterai, sehingga dengan keadaan ini maka arus dapat mengalir dan lampu pun dapat menyala. Sedangkan pada gambar kedua dikatan dioda dalam keadaan bias mundur, yaitu apa bila kaki katoda disambungkan ke kutub positif baterai, sehingga arus tidak dapat mengalir dan lampu pun tidak menyala..

Dari percobaan di atas dapat kita simpulkan bahwa dioda hanya dapat menghantarkan arus ke satu arah saja yaitu ketika dioda dalam keadaan bias maju. Dengan sifatnya ini maka salah satu aplikasi dari rangkaian dioda yaitu digunakan dalam pembuatan adaptor. Adaptor digunakan untuk merubah arus dari sumber PLN atau kita sebut arus AC (Alternating Current/ arus bolak-balik) menjadi arus DC (Direct Current/ arus searah). Arus searah contohnya seperti baterai hp, baterai laptop, akumulator.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang rangkaian dioda penyearah gelombang yang merupakan prinsip kerja dari sebuah adaptor (power supply). Dan kita juga akan belajar bagaimana membuat sebuah PSU (Power Supply Unit). InsyaAllah..........

Sekian dulu sobat saintist tulisan malam ini mengenai dioda, semoga bermanfaat dan semoga kalian tetap semangat dan mendapat ilmu yang bermanfaat.. Aamiin......


Wassalamu'alaikum Warahmatullah......

Post a comment for "RANGKAIAN DIODA"

Berlangganan via Email