Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LDR (Light Dependent Resistor) (Bag.2)



Assalamu'alaikum........

Alhamdulillah kita masih bisa merasakan nikmat yang diberikan oleh Allah, Tuhan semesta Alam.
Beberapa waktu yang lalu kita pernah membahas tentangLDR (Light Dependent Resistor), kali ini kita akan bahas lagi tentang LDR, khususnya sifat dan prinsip kerjanya. LDR juga merupakan komponen yang dipergunakan sebagai sensor cahaya yang cukup murah.

LDR adalah suatu bentuk komponen yang mempunyai perubahan resistansi yang besarnya tergantung pada cahaya.


          Gambar 1   simbol LDR
Karakteristik LDR terdiri dari dua macam yaitu:
1.      Laju Recovery
2.      Respon Spektral

Laju Recovery

Bila sebuah LDR dibawa dari suatu ruangan dengan level kekuatan cahaya tertentu kedalam suatu ruangan yang gelap sekali, maka bisa kita amati bahwa nilai resistansi dari LDR tidak akan segera berubah resistansinya pada keadaan ruangan gelap tersebut.  Namun LDR tersebut hanya akan bisa mencapai harga dikegelapan setelah mengalami selang waktu tertentu.  Laju recovery merupakan suatu ukuaran praktis dan suatu kenaikan nilai resistansi dalam waktu tertentu.  Harga ini ditulis dalam K/detik.  untuk LDR type arus harganya lebih besar dari 200 K/detik (selama 20 menit pertama mulai dari level cahaya 100 lux), kecepatan tersebut akan lebih tinggi pada arah sebaliknya, yaitu pindah dari tempat gelap ke tempat terang yang memerlukan waktu kurang dari 10 ms untuk mencapai resistansi yang sesuai dengan level cahaya 400 lux.

Respon Spektral

LDR tidak mempunyai sensitivitas yang sama untuk setiap panjang gelombang cahaya yang jatuh padanya (yaitu warna). Bahan yang biasa digunakan sebagai penghantar arus listrik yaitu tembaga, alumunium, baja, emas, dan perak. Dari kelima bahan tersebut tembaga merupakan penghantar yang paling banyak digunakan karena mempunyai daya hantar yang baik.
Sensor ini sebagai pengindera yang merupakan eleman yang pertama – tama menerima energi dari media untuk memberi keluaran berupa perubahan energi.
Sensor terdiri berbagai macam jenis serta media yang digunakan untuk melakukan perubahan. Media yang digunakan misalnya : panas, cahaya, air, angin, tekanan, dan lain sebagainya. Sedangkan pada rangkaian ini menggunakan sensor LDR yang menggunakan intensitas cahaya, selain LDR dioda foto juga menggunakan intensitas cahaya atau yang peka terhadap cahaya (photo conductivecell). Pada rangkaian elektronika, sensor harus dapat mengubah bentuk – bentuk energi cahaya ke energi listrik, sinyal listrik ini harus sebanding dengan besar energi sumbernya. Dibawah ini merupakan karakteristik dari sensor LDR .
Gambar 2  Karakteristik sensor LDR
Pada karakteristik diatas dapat dilihat bila cahaya mengenai sensor itu maka harga tahanan akan berkurang. Perubahan yang dihasilkan ini tergantung dari bahan yang digunakan serta kekuatan cahaya yang mengenainya.



(Pengantar Ilmu Teknik Instrumentasi,Malcolm Plant,Dr.Jan Stuart,hal.10)


Ini sedikit tambahan mengenai LDR, semoga memberi manfaat

Post a comment for "LDR (Light Dependent Resistor) (Bag.2)"

Berlangganan via Email