Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOMPONEN INDUKTIF-INDUKTOR

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh....

Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan hingga malam ini. Semoga kita dapat menjalankan aktivitas dan tugas-tugas kita dengan maksimal.

Malam ini kita akan membahas mengenai komponen induktif-induktor;
Induktor adalah elemen dinamik yang berbasis pada variasi medan magnet yang ditimbulkan oleh arus. Induktor  dibuat dari kawat konduktor yang dililitkan pada suatu inti yang terbuat dari bahan magnetis atau tanap inti (berinti udara). Ada tiga tipe dasar induktorinduktor dengan inti udara, induktor dengan inti besi, dan induktor dengan inti ferrit. Induktor dengan inti udara memiliki induktansi yang kecil dengan orde milihenry dan digunakan untuk frekuensi radio (di atas 1 MHz). Biasanya digunakan untuk radio tuning circuit dan filter circuit. Induktor berinti besi memiliki induktansi lebih tinggi dengan orde henry. Biasa digunakan untuk aplikasi frekuensi rendah. Umumnya digunakan pada frekuensi di bawah 100 kHz. Induktor berinti ferrit dioperasikan pada frekuensi antara 100 kHz dan 100 MHz.

Induktor memiliki besaran yang disebut induktansi dengan lambang L. Saatuannya Henry. Satu Henry didefinisikan sebagai induktansi yang dihasilkan oleh beda potensial 1 Volt ketika terjadi perubahan arus sebesar 1 A (Budiarto, 2005:40).

INDUKSI

Arus dapat menghasilkan sebuah medan magnet dan hal sebaliknya juga berlaku. pada gambar di bawah, sebuah magnet batangan yang digerakkan masuk ke dalam sebuah kumparan menginduksikan arus pada kumparan;


Arus akan mengalir dan beda tegangan akan dihasilkan hanya ketika magnet berada dalam keadaan bergerak. Apabila kita membiarkan magnet diam, arus akan berhenti. Apabila kita menggerakkan magnet keluar dari (atau menjauh) kumparan, arus akan mengalir ke arah yang berlawanan (Bishop; 2004: 45).






1 comment for "KOMPONEN INDUKTIF-INDUKTOR"

LOVELYZ TRILOGY 6 July 2020 at 00:22 Delete Comment
makasih banyak min
kabel multimeter jarum