Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ELEKTRON DAN MUATAN

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.....

Selamat malam sobat pelajar, adik-adik yang  gemar fisika dan pecinta fisika yang masih belum tidur untuk menyelesaikan tugas ataupun yang sedang belajar, semoga kalian terus semangat mempelajari fisika..

Sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang gejala-gejala ELEKTRON dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan sekarang kita akan membahas mengenai jenis-jenis muatan dan juga elektron-elektron yang akan kita bahas lagi dalam kesempatan ini.

Muatan Positif dan Muatan Negatif

Muatan listrik diketahui ada dua jenis, ada yang dinamakan muatan listrik positif dan muatan negatif. Benda dikatakan bermuatan positif apabila benda itu kekurangan elektron, sedangkan benda yang kelebihan elektron dikatakan bermuatan negatif. Sering kali kita mendengar kata-kata "muatan listrik", hal ini karena muatan-muatan ini bisa menimbulkan arus listrik.Benda dikatakan netral apabila jumlah muatan positif dan negatif yang dikandungnya sama (benda dapat dikatakan tidak bermuatan). Untuk lebih jelasnya mengenai muatan listrik dan tentang listrik itu sendiri, kita akan membahasnya di bagian yang lain setelah ini.. InsyaAllah.!!!!

Penggunaan nama ini (muatan positif dan muatan negatif) tidak berarti bahwa muatan positif memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh muatan negatif, namun  nama-nama ini hanya mengindikasikan bahwa muatan-muatan di alam ini dapat digolongkan ke dalam dua jenis muatan yang berlawanan. Kita kenal dengan penyusun terkecil dari suatu materi/unsur adalah atom yang terdiri dari proton (positif), elektron (negatif) dan neutron (netral). Sederhananya dapat kita maknai bahwa suatu benda dikatakan bermuatan positif apabila benda tersebut kehilangan elektron, dan suatu benda dikatakan bermuatan negatif apabila benda tersebut kelebihan elektron. Untuk lebih mudah mengerti, bisa melihat dua eksperimen sederhana sebelumnya tentang ELEKTRON, dan juga contoh berikut ini.

Menggosokkan lempengan asetat dengan kain akan mengakibatkan atom-atom lempengan kehilangan elektronnya sehingga lempengan bermuatan positif, sedangkan pada kain akan menerima elektron-elektron sehingga menjadikan kain bermuatan negatif.

muatan-muatan listrik positif dan negatif selalu saling tarik-menarik, sedangkan yang sejenis akan tolak-menolak. Perhatikan gambar di bawah ini!


Elektron-elektron berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat, bahkan dengan mikroskop yang sangat kuat sekalipun. Fakta terpenting mengenai elektron yang pernah kita singgung sebelumnya bahwa elektron membawa muatan listrik.Meskipun ukurannya begitu sangat kecil, namun kita bisa melihat efek yang ditimbulkan oleh muatan elektron-elektron tersebut. Begitu banyak hal yang berkaitan dengan elektron, kita akan membahasnya di lain kesempatan... InsyaAllah!!!


Sekian dulu ya sobat fisika dan sobat bumi mengenai muatan dan elektron, semoga bisa memberikan pemahaman lebih jauh mengenai elektron dan muatan.

Selamat istirahat....

Wassalamu'alaikum......

Post a comment for "ELEKTRON DAN MUATAN"