Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LDR (Light Dependent Resistor)

LDR
LDR

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wbarakaatuh........

Alhamdulillahi robbil 'alamin, segala puji bagi Allah, Rob semesta alam yang masih memberikan kita kesempatan untuk senantiasa memperbaiki diri dan menjadi insan yang bertakwa..Aamiin...

Setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai thermistor, kali ini kita akan membahasa mengenai LDR (Light Dependent Resistor) yang juga merupakan salah satu jenis resistor. Seperti biasa kita akan membahas mengenai karakteristik dan kegunaannya di dalam rangkaian elektronika.

Resistansi LDR berubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya yang mengenainya. Contoh LDR adalah ORP12 yang cukup populer. dalam keadaan gelap resistansinya sebesar 10M dan dalam keadaan terang sebesar 1k atau kurang. LDR terbuat dari bahan semikonduktor, seperti kadmium sulfida (Budiharto, 2005:31).

Sebuah  Light Dependent Resistor ( atau LDR) terdiri dari sebuah piringan bahan semikonduktor dengan dua buah elektroda pada permukaannya. Dalam gelap atau cahaya yang redup, bahan piringan hanya mengandung elektron bebas dalam jumlah yang relatif sangat kecil. Hanya tersedia sedikit elektron bebas untuk mengalirkan muatan listrik. Hal ini berarti bahwa, bahan bersifat sebagai konduktor yang buruk untuk arus listrik. Dengan kata lain, nilai tahanan bahan sangat tinggi.

Di bawah cahaya yang cukup terang, lebih banyak elektron dapat melepaskan diri dari atom-atom bahan semikonduktor ini. Terdapat lebih banyak elektron bebas yang dapat mengalirkan muatan listrik. Dalam keadaan ini, bahan bersifat sebagai konduktor yang baik. Tahanan listrik bahan rendah. Semakin terang cahaya yang mengenai bahan, semakin banyak elektron bebas yang tersedia, dan semakin rendah pula tahanan listrik bahan (Bishop, 2004:64).

LDR digunakan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Saklar cahaya otomatis dan alarm pencuri adalah beberapa contoh alat yang menggunakan LDR. Akan tetapi, karena responnya terhadap cahaya cukup lambat, LDR tidak digunakan pada situasi dengan intensitas cahaya yang berubah secara drastis (Budiharto, 2005:31).


Ini sedikit postingan mengenai jenis-jenis resistor, semoga bisa membantu bagi yang ingin tahu mengenai LDR, dan bisa faham dengan kata-kata yang cukup sederhana.


Salam kompak dan jangan pernah berhenti mempelajari hal-hal yang bermanfaat....
Sekian dari saya, mohon  undur diri dan silahkan berikan kritik dan saran anda mengenai LDR.

Semoga kita semua tetap dalam lindunganNYA....Aamiin....


Wassalamu'alaikum Warahmatullah......
  
  

Daftar Pustaka

Bishop, Owen.2004.Dasar-Dasar Elektronika.Jakarta: Erlangga.

Budiharto, Widodo dan Firmansyah, Sigit.2005.Elektronika Digital Dan Mikroprosesor. Yogyakarta:                Penerbit ANDI

Post a comment for "LDR (Light Dependent Resistor)"