Listrik dan Magnet




BAGIAN 4: Listrik dan Magnet 

LISTRIK DAN MAGNET ( ELEKTROMAGNET)
Sebuah kereta maglev transrapid bertolak ke sebuah stasiun di Shanghai, China. Kata maglev adalah bentuk singkat dari pengapungan magnet. Kereta ini tidak melakukan kontak fisik dengan relnya. Beratnya benar-benar didukung oleh gaya elektromagnetik. Didalam bagian dari buku ini, kita akan mempelajari gaya-gaya ini. (OTHK / Asia Images / Jupiterimages)

Kita sekarang mempelajari cabang fisika yang berkaitan dengan fenomena listrik dan magnetik. Hukum listrik dan magnet memainkan peran sentral dalam pengoperasian perangkat seperti MP3 player, televisi, motor listrik, komputer, akselerator energi tinggi, dan perangkat elektronik lainnya. Lebih fundamental, gaya interatomik dan antarmolekul bertanggung jawab untuk pembentukan padatan dan cairan adalah listrik dalam asal.
 
Bukti dalam dokumen Cina menunjukkan magnet diamati pada awal 2000 SM. Orang Yunani kuno mengamati fenomena listrik dan magnetik mungkin lebih awal 700 SM. Orang Yunani tahu tentang gaya magnet dari pengamatan bahwa batu alami magnetit (Fe3O4) tertarik ke besi. (Kata listrik berasal dari elecktron, kata Yunani untuk "kuning." Kata magnet berasal dari Magnesia, nama distrik Yunani di mana magnetit pertama kali ditemukan.)
 
Tidak sampai bagian awal abad kesembilan belas itu para ilmuwan menetapkan bahwa listrik dan magnet adalah fenomena yang terkait. Pada tahun 1819, Hans Oersted menemukan bahwa jarum kompas dibelokkan ketika ditempatkan di dekat rangkaian yang membawa arus listrik. Pada tahun 1831, Michael Faraday, dan hampir bersamaan, Joseph Henry menunjukkan bahwa ketika kawat dipindahkan dekat magnet (atau sama, ketika magnet bergerak dekat kawat), arus listrik mengalir pada kawat. Pada tahun 1873, James Clerk Maxwell menggunakan pengamatan ini dan fakta eksperimen lain sebagai dasar untuk merumuskan hukum elektromagnetisme seperti yang kita kenal hari ini. (Elektromagnetisme adalah nama yang diberikan untuk studi gabungan listrik dan magnet.)
 
Kontribusi Maxwell untuk bidang elektromagnetik yang sangat penting karena hukum-hukum yang ia rumuskan merupakan dasar untuk semua bentuk fenomena elektromagnetik. Karyanya adalah sama pentingnya dengan karya Newton pada hukum-hukum gerak dan teori gravitasi. (Serway, 2010: 657)

No comments for "Listrik dan Magnet"