SUMBER LISTRIK

Assalamu'alaikum Warahmatullah...............

Alhamdulillahi Robbil 'alamin,, segala puji bagi Allah Tuhan yang memberi kita kehidupan dan beragam macam nikmat sehingga malam ini kita masih bisa bernafas dan menikmati indahnya dunia. Semoga kabar sobat saintis semuanya dalam keadaan sehat wal 'afiat tidak kurang satu apa pun.

Sekarang kita akan membahas tentang sumber energi, yang tentunya kita sudah sangat mengerti apa sebenarnya energi itu. Di dalam salah satu hukum fisika disebutkan sebuah hukum yang dikenal dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa "energi tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dimusnahkan." Mungkin diantara kita ada yang mengatakan bahwa hukum ini kurang tepat, buktinya ketika kita makan maka akan menyebabkan kita berenergi, yang sebelumnya kita lapar dan lemah, berarti kita bisa menciptakan energi. Atau kasus lain, misalnya kita menggunakan energi listrik untuk keperluan hidup kita, seperti menyalakan lampu, menghidupkan kipas angin, menghidupkan DVD player dan berbagai keperluan yang lainnya. Energi listrik yang kita gunakan tentu lama-kelamaan akan habis, dan itu artinya energi dapat dimusnahkan.

Pernyataan di atas tidaklah seperti yang kita bayangkan. Ketika kita makan, maka sebenarnya kita sdedang merubah energi yang ada pada makanan menjadi energi yang diperlukan tubuh kita. Dengan kata lain, terjadi perpindahan energi dari makanan ke tubuh kita, yang tentunya ini merupakan bentuk dari perubahan wujud energi tersebut yang prosesnnya dilakukan oleh tubuh kita. Begitu pula halnya dengan energi listrik, ketika kita memanfaatkan energi listrik maka kita sedang merubahnya menjadi energi lain, seperti misalnya kita menonton TV yang menghasilkan suara, cahay dan timbul panas pada TV, ketika kita menggerakkan kipas, maka kita sedang meruh energi listrik menjadi energi gerak.

Intinya adalah energi itu mutlak, tidak bisa diciptakan  dan tidak bisa dimusnahkan, energi hanya bisa berubah bentuk (bentuk disini dalam artian keadaan). Kita tahu bahwa listrik bisa menghasilkan gerak, begitu pula sebaliknya bahwa gerak dapat mengakibatkan timbulnya energi listrik contohnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Listrik bisa menghasilkan cahaya, sebaliknya cahaya pun bisa menghasilkan listrik, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain yang membuktikan bahwa energi itu tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.


Listrik merupakan salah satu bentuk dari energi yang sering kita gunakan dalam kehidupan kita. Sumber-sumber listrik sangat penting jika kita ingin melakukan percobaan dengan alat-alat elektronik.

Unit Catu Daya

Sel-sel listrik dan baterai cukup ideal untuk memberikan energi bagi perangkat-perangkat genggam (portable) seperti hp, senter dan kalkulator saku. Perangkat lain yang bekerja dengan tegangan rendah mengambil energi dari sumber listrik PLN dengan menggunakan unit catu daya atau Power Supply Unit (PSU) bertegangan rendah.

Sebuah PSU memuat sebuah transformator (trafo) di dalamnya, fungsi dari trafo ini adalah menurunkan tegangan listrik dari tegangan tinggi yang dikeluarkan PLN (biasanya sekitar 210 - 240 volt)  menjadi bertegangan rendah sesuai yang kita inginkan, seperti misalnya kita butuh 3 V, 6 V, 12V dan besar tegangan yang lainnya. PSU biasanya memiliki sebuah rangkaian penyearah untuk mengubah output AC dari trafo menjadi DC. Perangkat ini juga memiliki sebuah rangkaian pengatur tegangan  (regulator), sehingga dapat menghasilkan tegangan yang relatif tetap meskipun beban ke PSU berubah-ubah. Untuk lebih lengkapnya mengenai PSU, InsyaAllah kita akan bahas lebih detail beserta cara membuatnya.

Selain PSU, kita juga bisa menggunakan baterai yang sesuai dengan kebutuhan kita. Namun tentunya kita harus memperhitungkan pengeluaran untuk sering-ssering mngeluarkan uang untuk membeli baterai.

Ini sedikit tulisan mengenai energi, listrik dan sumber listrik, semoga ada manfaatnya dan semoga saya bisa memposting bagaimana cara membuat sebuah PSU sederhana namun bisa dioperasikan layaknya PSU di pasaran....

Sekian  dulu ya sobat saintis semoga dapat menambah wawasan saya dan juga teman-teman....



Wassalamu'alaikum............



No comments for "SUMBER LISTRIK "