Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RANGKAIAN PEMBAGI TEGANGAN

Assalamu'alaikum Warahmatullah....................

Di pagi yang cukup dingin ini, bagaimana kabar sobat saintis??? Semoga sudah pada bangun ya dan tentunya siap-siap untuk beraktifitas. Dan bagi yang muslim jangan lupa untuk membaca surah al-kahfi kalo tadi malam tidak sempat baca. Dan juga pebanyak shalawat kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam..

Sedikit saja pada pagi ini kita masih membahas tentang rangkaian resistor, khusunya kali ini tentang rangkaian pembagi tegangan.

Rangkaian Pembagi Tegangan

Rangkaian semacam ini disebut juga sebagai rangkain pembagi potensial (Potential divider). Input tegangan ke rangkaian pembagi tegangan adalah Vin. Tegangan ini yang menggerakkan arus i untuk mengalir melalui kedua resistor. Karena kedua resistor terhubung seri, maka arus yang sama besarnya akan mengalir melewati tiap-tiap resistor.


Rangkaian Pembagi tegangan

Tahanan efektif dari kedua resistor seri ini adalah R1+R2. Jatuh tegangan pada gabungan kedua resistor ini adalah Vin. Menurut hukum ohm, arus yang mengalir adalah :
i=Vin/(R1+R2)

Dengan sekali lagi menggunakan hukum ohm, tegangan pada resistor R2 adalah:
Vout= i x R2

mensubstitusikan i ke persamaan pertama menghasilkan:

Vout= Vin X R2/(R1+R2)

persamaan ini untuk menghitung tegangan output yang dihasilkan oleh sebuah rangkaian pembagi tegangan. Dengan memilih dua resistor dengan nilai tahanan yang sesuai, kita dapat memproleh nilai tegangan output manapun dalam kisaran 0 V hingga Vin.(Bishop, 2004:35)


Selamat mencoba ya sobat saintis  semoga berhasil dan jangan lupa siapkan bahan-bahan seperti biasa, ada dua buah resistor, atau bisa juga lebih dari itu dan disusun seri seperti di atas, baterai bisa 1 atau dua terserah sobat, dan juga multimeter tentunya untuk membuktikan kebenanaran hasil dari teori..

Selamat mencoba dan selamat beraktifitas..


Wassalamu'alaikum sobat-sobat saintis....

Post a comment for "RANGKAIAN PEMBAGI TEGANGAN"

Berlangganan via Email