MENGENAL PERALATAN KERJA ELEKTRONIKA

Assalamu'alaikum sobat saintis yang semoga pada pagi yang cukup dingin ini kita semua dalam keadaan segar dan siap untuk beraktifitas...

Setelah mengetahui tentang beberapa komponen elektronik, kemudian teori-teori yang berhubungan tantang elektronika, maka tidak afdol rasanya jika tidak dilanjutkan dengan praktik langsung. Namun sebelum praktik, kita harus mengenal minimal beberapa peralatan penunjang di dalam kita bekerja, misalnya multimeter, protoboard dan kabel penghubung.

MULTIMETER

Sebuah multimeter dapat mengukur beberapa besaran listrik yang berbeda, yang biasanya adalah tegangan listrik dan arus listrik. Terdapat dua jenis multimeter, yaitu multimeter analog(kanan) dan multimeter digital(kiri).

kedua multimeter memiliki socket (lubang tancap) untuk probe (batang uji):
*positif, ditandai dengan simbol "+" dan biasanya berwarna merah.
*Common (negatif), ditandai dengan COM atau simbol "-" dan biasanya berwarna hitam.

Untuk cara kerjanya, insyaAllah kita akan bahas panjang lebar dikesempatan lainnya....

PROTOBOARD

Protoboard atau dikenal juga dengan nama breadboard (papan roti), merupakan papan tempat untuk merangkai suatu rangkaian tanpa disolder, tinggal ditancapkan pada lubang-lubang breadboard.
Di bawah ini contoh sebuah rangkaian yang dirangkai di atas breadboard...

Breadboard


Itu tadi sedikit mengenai bbeberapa peralatan sebelum kita mulai masuk ke dunia elektronika. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat saintist sekalian....

Wassalamu'alaikum...

No comments for "MENGENAL PERALATAN KERJA ELEKTRONIKA"