ELEKTRON-ELEKTRON

Assalamu'alaikum sobat fisika dan para caalon saintist masa depan yang sedang menikmati triknya matahari siang ini.

Sekarang kita akan sedikit berbicara tentang elektron. Kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang apa itu elektron.

Sebelum kita lanjut, mari kita lakukan hal sederhana yang mungkin belum pernah kita sadari sebelumnya. Coba letakkan potongan-potongan kecil kertas aluminium foil di atas meja atau tempat sejenisnya, yang tentunya bersih dan tidak terkena air. Kertas aluminium foil itu seperti yang ada di dalam pembungkus rokok yang biasanya berwarna keemasan atau warna putih. Bagi yang tidak punya aluminium foil, bisa menggunakan gabus penutup botol untuk menggantikan potongan-potongan aluminium foil tersebut. Atau lebih mudahnya pakai kertas biasa yang ada, bisa juga setelah dicoba..

Jika sudah ada bahan yang disebutkan di atas, sekarang gosoklah sebuah pena plastik pada kain wol kering. Gosok dengan keras selama sepuluh atau dua puluh detik. Peganglah pena plastik tersebut beberapa milimeter di atas potongan-potongan kertas foil. Potongan-potongan  kertas tersebut akan melompat dan menempel di permukaan pena, seakan-akan tertarik oleh sesuatu. Penyebab lompatan potongan-potongan kertas tersebut adalah gaya tarik yang diberikan oleh elektron-elektron yang terdapat di permukaan pena.

Menggosokkan pena plastik ke kain wol mengakibatkan perpindahan elektron-elektron dari kain ke pena. Kita katakan bahwa pena tersebut menjadi bernuatan oleh elektron-elektron. Dengan kata lain pena tersebut memiliki muatan listrik.

Selain dengan bahan yang pertama, kita juga bisa menggunakan cara yag lain. Dengan menggosok-gosokkan balon ke kain atau baju anda, kemudian menenpelkannya ke dinding, maka balon tersebut menempel di dinding karena muatan listrik pada balon telah menghasilkan gaya listrik yang mampu menahan balon untuk bergantung di dinding...

Masih banyak lagi percobaan-percobaan yang harus kita lakukan, tapi berhubung sudah malam, saya pamit undur kawan-kawan...

Jangan lupa berkunjung lagi untuk eksperimen-eksperimen yang lebih seru lagi..

Wassalamu'alaikum....

No comments for "ELEKTRON-ELEKTRON"